Kompas.com - 14/04/2021, 14:36 WIB
Ilustrasi tepung terigu TimmaryIlustrasi tepung terigu


KOMPAS.com – Tepung terigu jadi bahan utama untuk membuat aneka resep kue kering. Tepung terigu banyak jenisnya, ada berbagai merek dengan jenis yang berbeda.

Kategori yang paling umum mungkin adalah tepung terigu protein tinggi, tepung terigu protein sedang atau tepung terigu serbaguna, dan tepung terigu protein rendah.

Lantas jenis tepung terigu apa yang paling tepat untuk membuat kue kering?

Menurut Head Pastry Chef Beau Bakery Arief Maulana Ikhsan, ia merekomendasikan penggunaan tepung terigu protein rendah untuk membuat kue kering.

“Protein yang di tepung itu akan menghasilkan gluten. Semakin tinggi protein akan menyebabkan cookies semakin keras,” kata Arief ketika dihubungi Kompas.com, Selasa (13/4/2021).

Sebaliknya, Arief menyebutkan semakin rendah gluten tepung terigu maka semakin crunchy (renyah) kue kering. 

Baca juga: Beda Fungsi Tepung Terigu Serbaguna, Protein Rendah, dan Protein Tinggi

Biasanya, tepung terigu protein tinggi digunakan untuk makanan yang membutuhkan struktur atau kekokohan tertentu, misalnya mi, donat, atau roti.

Seperti tertera dalam berita Kompas.com, tepung terigu protein tinggi mengandung sekitar 11–13 persen protein. Protein yang tinggi pada tepung akan memproduksi banyak gluten.

Gluten adalah helaian benang yang memberikan adonan roti kelenturan dan elastisitas sehingga roti yang dipanggang akan memiliki karakteristik lunak ketika dikunyah.

Baca juga: Resep Nastar Lumer Bentuk Daun, Hasilnya Anti Retak

Sementara tepung terigu protein sedang atau sering juga disebut tepung terigu serbaguna bisa digunakan untuk banyak hal. Bisa juga dibuat roti, bolu, cake, bahkan untuk kue kering.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X