Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Rekomendasi Wisata Kuliner Solo, Ada Soto Triwindu

Kompas.com - 30/04/2024, 20:08 WIB
Aska Bagus Aldika,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Jika kamu berkunjung ke kota Solo, jangan lupa untuk membuat rencana untuk wisata kuliner karena di kota ini memiliki beberapa kuliner yang wajib kamu cicipi.

Melansir dari laman Wonderful Image, terdapat beberapa rekomendasi kuliner kota solo yang wajib kamu datangi dan cicipi.

Berikut rekomendasi wisata kuliner di Solo:

1. Nasi Liwet Solo

Nasi liwet memang salah satu hidangan yang sangat menggugah selera dari kota Solo. Dari santan yang kaya, kaldu ayam yang gurih, hingga aroma rempah-rempah yang khas, semuanya menyatu dalam satu sajian yang menggoda.

Seporsi nasi liwet dengan tambahan lauk berupa ayam kampung, telur rebus, dan ati ampela. Nasi liwet di Solo bisa ditemukan di beberapa daerah seperti Keprabon, Pasar Kliwon, Keraton Mangkunegaraan, dan juga di Laweyan.KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Seporsi nasi liwet dengan tambahan lauk berupa ayam kampung, telur rebus, dan ati ampela. Nasi liwet di Solo bisa ditemukan di beberapa daerah seperti Keprabon, Pasar Kliwon, Keraton Mangkunegaraan, dan juga di Laweyan.

Biasanya nasi liwet Solo disajikan menggunakan pincuk yang terbuat dari daun pisang dan berisikan suwiran ayam, sayur labu siam, telur pindang, dan lain-lain.

Jika kamu berkunjung ke Solo, Nasi Liwet Yu Sani yang terletak di Jalan Veteran, Gajahan, Kecamatan. Pasar Kliwon, Kota Surakarta dapat menjadi salah satu pilihan yang populer karena dikenal memiliki cita rasa yang lezat dan harganya yang ramah di kantong.

Baca juga: Resep Telur Orak-arik Peda, Lauk Makan Nasi Liwet yang Praktis

Nasi Liwet Yu Sani buka setiap hari mulai dari pukul 17.00 WIB sampai 23.00 WIB.

2. Soto Triwindu

Soto Triwindu, sebuah warung di Jalan Teuku Umar, Keprabon, Kecamatan. Banjarsari, Kota Surakarta dan telah berdiri sejak 1939.

Soto TriwinduKOMPAS.com/ROSIANA HARYANTI Soto Triwindu

Terkenal dengan soto dagingnya yang lezat, terutama daging sapi yang empuk, Soto Triwindu menjadi salah satu kuliner favorit di Solo.

Pengunjung dapat menikmati soto dengan berbagai macam lauk seperti tempe, iso, kikil, babat, dan lainnya, yang disajikan di etalase di atas meja makan.

Baca juga: Menikmati Soto Triwindu yang Jadi Favorit Jokowi di Kota Solo

Hingga saat ini, Soto Triwindu tetap setia pada resep aslinya dan belum membuka cabang lain. Keautentikan cita rasanya menjadi alasan utama para pengunjung untuk selalu kembali. Soto Triwindu buka setiap hari mulai 05.30 WIB sampai 15.30 WIB.

3. Sate Kambing Pak Manto

Sate Kambing Pak Manto di Kota Solo menjadi destinasi wajib bagi penggemar masakan daging kambing.

Sepiring sate kambing lengkap dengan kol dan tomat di Sate Kambing & Thengkleng Rica-rica Pak Manto, salah satu kuliner legendaris di Solo.KOMPAS.com/YUHARRANI AISYAH Sepiring sate kambing lengkap dengan kol dan tomat di Sate Kambing & Thengkleng Rica-rica Pak Manto, salah satu kuliner legendaris di Solo.

Salah satu hidangan andalannya adalah tengkleng rica, tulang kambing disajikan dengan kuah kental dan pedas. Selain itu, mereka juga terkenal dengan sate buntel, daging kambing giling yang dilapisi dengan lemak kambing.

Baca juga: Nobar Timnas Bareng Sandiaga di Solo, Gibran: Tak Bicara Politik

Sate Kambing Pak Manto berlokasi di Jalan Honggowongso No.36, Sriwedari, Kecamatan. Laweyan, Kota Surakarta. Sate Kambing Pak Manto buka setiap hari mulai dari pukul 07.30 WIB sampai 20.00 WIB.

4. Es Dawet Pasar Gede

Es dawet selasih di Pasar Gede Solo terkenal sebagai salah satu kuliner khas di kota ini. Terdiri dari ketan hitam, jenang sumsum, tape ketan, biji selasih, gula cair, dan santan, es dawet ini memiliki cita rasa yang unik dan digemari banyak orang.

ilustrasi es dawet bu dermi soloDok.Shutterstock/Enung Sri Oktaviani ilustrasi es dawet bu dermi solo

Salah satu rekomendasi Es Dawet di Pasar Gede yaitu Es Dawet Bu Dermi yang buka setiap hari mulai dari pukul 08.00 WIB sampai 14.30 WIB.

5. Kue Lekker

Kue Lekker berasal dari bahasa Belanda yang artinya enak. Di Solo, pengunjung dapat menemukan banyak varian kue lekker, camilan tipis dan renyah dari tepung terigu yang umumnya diisi dengan pisang, keju, cokelat, atau campuran dari ketiganya.-

ilustrasi kue lekkerDok.Shutterstock/Titis Cahya Aji Pamungkas ilustrasi kue lekker

Salah satu rekomendasi tempat makan lekker di kota ini adalah Lekker Notosuman yang berlokasi di Jalan Moh. Yamin No.43, Kratonan, Kec. Serengan, Kota Surakarta.

Baca juga: Inovasi Penjual Lekker Mengikuti Cita Rasa Kekinian di Ibu Kota

Lekker Notosuman buka setiap hari Senin hingga Sabtu mulai dari pukul 09.00 WIB sampai 15.00 WIB dan khusus di hari Minggu Lekker Notosuman tutup.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com