Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resep Roti Brioche, Roti Asal Perancis yang Lembut

Kompas.com - 19/04/2024, 13:49 WIB
Aska Bagus Aldika,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

Sumber delish

KOMPAS.com – Brioche berasal dari Perancis yang biasanya mengandung tepung, ragi, air, garam, mentega atau minyak, telur, dan susu atau krim.

Berbeda dengan roti Perancis lainnya yang hanya membutuhkan tepung, ragi, air, dan garam, brioche harus ditambahkan bahan lain agar memiliki raya yang lebih kaya dan tekstur yang kenyal dan lembut.

Dilansir dari laman delish, Kamis (18/4/2024), berikut resep dan cara membuat brioche yang bisa dicoba:

Baca juga:

Resep brioche

Bahan sponge:

  • 128 gr atau satu cangkir (cup) tepung serbaguna
  • 2 ¼ sdt atau 7 gr ragi kering aktif
  • 120 gr susu suam-suam kuku

Bahan adonan:

  • 6 butir atau 320 gr telur berukuran besar
  • 384 gr tepung serbaguna
  • 105 gr gula pasir
  • 12 gr garam kosher
  • 227 gr atau 2 batang mentega (lunakkan)

Bahan olesan:

  • 1 telur besar
  • 1 sdt air
  • Garam kosher atau garam laut (untuk taburan)

Cara membuat brioche

  1. Sponge. Masukkan 128 gram tepung, ragi, dan susu ke dalam mangkuk stand mixer dengan hook. Mikser campuran sampai merata menggunakan spatula, lalu tutup dengan plastik. Diamkan selama 45 menit.
  2. Adonan. Setelah sponge terlihat membentuk kantung udara, tambahkan telur, sisa 384 gram tepung, gula, dan garam. Mikser adonan tersebut dengan kecepatan sedang sampai tercampur rata, lalu tingkatkan kecepatan secara bertahap menjadi sedang-tinggi. 
  3. Lanjutkan mengaduk adonan dengan mikser hingga adonan terlepas dari sisi mangkuk dan menjadi mengkilap serta elastis. Kikis adonan yang ada di sisi mangkuk setiap empat hingga lima menit, lalu 10 hingga 13 menit.
  4. Masih dengan mikser yang menyala, tambahkan mentega secara bertahap berupa satu sendok makan setiap kali. Biarkan sampai tercampur sempurna, lalu baru tambahkan mentega lagi selama 13 hingga 15 menit. Lanjutkan mengaduk dengan kecepatan sedang-tinggi selama lima hingga tujuh menit.
  5. Tutup mangkuk dengan bungkus plastik dan diamkan sekitar satu jam atau dua kali lipat.
  6. Setelah adonan mengembang dua kali lipat, kempiskan adonan. Tutup kembali dengan bungkus plastik. Masukkan adonan ke kulkas semalaman untuk dipanggang keesokan harinya.
  7. Keesokan harinya, biarkan adonan mengembang hingga dua kali lipat sebelum dipanggang, lebih lama jika diperlukan, hingga dua jam 30 menit.
  8. Setelah adonan mengembang jadi dua kali lipat, keluarkan adonan ke permukaan datar yang sudah ditaburi tepung. Tekan-tekan adonan, bagi jadi dua, lalu potong jadi enam bagian.
  9. Ratakan setiap bagian jadi persegi panjang, lalu lipat ujung-ujungnya yang pendek ke arah satu sama lain seperti melipat surat. Ratakan lagi dan gulung hingga memanjang, dimulai dari ujung yang pendek. Ulangi ke seluruh bagian adonan.
  10. Olesi loyang roti berukuran 20 sentimeter (cm)x12 cm dengan mentega. Tempatkan enam lembar adonan dengan sisi jahitan menghadap ke bawah dalam satu baris lurus ke dalam setiap loyang yang sudah disiapkan, lalu tutup dengan bungkus plastik.
  11. Panaskan terlebih dulu oven sampai suhu 190 derajat celsius sebelum memasukkan adonan.
  12. Biarkan adonan sampai mengembang dan ukurannya menjadi dua kali lipat, waktunya satu jam sampai 1 jam 30 menit. Dalam mangkuk kecil, kocok sisa telur dan air lalu oleskan kocokan telur ke atas roti dan taburi sedikit garam.
  13. Panggang hingga berwarna keemasan di bagian atas dan bagian tengah roti mencapai suhu antara 87 derajat celcius dan 96 derajat celcius, sekitar 30 menit.
  14. Biarkan dingin selama lima menit, lalu keluarkan roti ke rak pendingin. Biarkan dingin sepenuhnya.

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com