Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bulan Terbaik Makan Mango Sticky Rice di Thailand

Kompas.com - 18/04/2024, 18:31 WIB
Aska Bagus Aldika,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

Sumber CNN TRAVEL

KOMPAS.com – Jika kamu ingin berlibur ke Thailand, Sebaiknya kamu mencari waktu atau bulan yang tepat agar bisa mencicipi mango sticky rice di bulan terbaiknya.

Mango sticky rice adalah makanan irisan mangga yang manis dan matang diletakkan di samping gundukan ketan yang diberi saus krim santan dan taburan kacang hijau.

Terdapat toko mango sticky rice yang sudah berdiri sejak tahun 1981 di kawasan Thonglor di pusat kota Bangkok Bernama Mae Varee.

Baca juga: Resep Mango Sticky Rice, Pakai Mangga Arum Manis

Varee Jeensuwan merupakan pemilik dari toko Mae Varee yang disebut sebagai ratu mango sticky rice yang tak terbantahkan di Bangkok.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Foodplace (@my.foodplace)

Mengutip dari laman CNN, Varee Jeensuwan mengatakan bahwa Hidangan penutup terbaik selama musim panas di Thailand adalah mangga dan ketan.

Waktu terbaik makan mango sticky rice

Ia juga menyampaikan kapan waktu terbaik untuk menyantap mango sticky rice saat berada di Thailand.

"Maret hingga Mei adalah waktu terbaik untuk menikmati mango sticky rice karena mangga akan terasa manis secara alami dan berlimpah, harganya pun murah dan ketannya beraroma harum karena kesegarannya," kata dia dilansir dari CNN.

Baca juga: Resep Mango Sticky Rice untuk Jualan, Bikin dari 4 Bahan Utama

Melansir dari laman CNN, terdapat 200 lebih jenis mangga yang ditanam di Thailand dan mangga terbaik untuk dijadikan mango sticky rice adalah jenis mangga nam dok mai (air bunga).

Ini adalah jenis mangga yang paling populer untuk hidangan ini, karena memiliki rasa yang manis dan tekstur yang lembut. Mangga terbaik dapat ditemukan di distrik Bangkhla, provinsi Chacheonseo.

Ilustrasi mango sticky rice. freepik/jcomp Ilustrasi mango sticky rice.

Jenis mangga populer lain yang digunakan untuk mango sticky rice adalah mangga oak rong yang menurut Varee harus berasal dari distrik Damnoen Saduak di provinsi Ratchaburi.

“Sulit untuk menemukannya, dan hanya tersedia sedikit di bulan Januari dan lebih banyak lagi di bulan Maret dan April" tutur Varee.

Baca juga: Resep Mango Sticky Rice Thailand, Cuma Butuh 3 Langkah Mudah

Jenis oak rong ini hanya terkenal di kalangan orang Thailand saja karena kebanyakan orang asing tidak tahu jenis ini, mereka lebih mengenal jenis nam dok mai.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com