Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal I'm Donut, Gerai Donat yang Sedang Hits di Jepang

Kompas.com - 18/04/2024, 15:32 WIB
Aska Bagus Aldika,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com –  I'm Donut merupakan toko donat yang berhasil mencuri perhatian warga lokal Jepang, bahkan wisatawan dari luar negeri.

Pasalnya, setelah beberapa dekade, tidak ada toko donat yang bisa menyaingi Mr.Donut di Jepang, bahkan waralaba donat luar negeri sekalipun. 

Namun, pada Maret 2022, Amam Dacotan, pembuat roti populer dari Fukuoka, membuka gerai donat pertamanya.

Ia mengambil alih gerai kopi yang sudah tutup di bawah rel kereta Stasiun Nakameguro untuk dijadikan gerai donatnya bernama I'm Donut.

Kini, I’m Donut telah memiliki lima cabang dengan bertambahnya empat cabang baru yang berada di Shibuya, Fukuoka, Harajuku, dan Omotesando.

Baca juga:

Dilansir dari laman Timeout, toko donat ini menawarkan delapan jenis nama, atau donat segar yang terkenal dengan teksturnya yang kenyal dan lumer di mulut.

Dikutip dari Sora News 24, I'm donut adalah "donat nama" dalam bahasa Jepang, yang berarti donat ini dibuat lebih lembut daripada donat pada umumnya.

Kuncinya ada pada sedikit labu yang dicampurkan ke dalam adonannya.

Semua donat di toko ini dibuat dengan menggunakan mentega bebas lemak trans dan campuran tepung asli Jepang.

Konsumen dapat memilih dua jenis donat, baik yang berbahan dasar brioche maupun adonan yang lebih mirip kue.

suasana pembeli yang sedang mengantri di I'm Donut Cabang Harajuku, Jepang.Dok.Shutterstock/Nami Uchida suasana pembeli yang sedang mengantri di I'm Donut Cabang Harajuku, Jepang.

Harga donat di I'm Donut mulai dari 222-453 yen atau setara Rp 25.000-Rp 48.000 untuk satu donatnya.

Rasa yang populer di antaranya donat polos, donat pistachio, donat framboise yang diisi dengan krim keju raspberry, dan glasir lemon dengan kacang pistachio.

Baca juga: Resep Soboro Donburi Khas Jepang, Ide Bekal Sekolah Anak

Rasa donat paling unik adalah donat prosciutto yang dibuat dengan cacahan buah zaitun di dalam adonan dan disajikan dengan lelehan prosciutto Parma.

Jika kamu ingin mencoba kudapan lezat ini, sebaiknya datang lebih awal karena setelah viral toko ini mendapatkan antrean panjang. 

Lama antrean pembeli I'm Donut mulai 20 menit sampai 1 jam, meskipun sedang musim dingin. I'm Donut akan menutup gerainya begitu donat habis terjual.

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com