Kompas.com - 25/04/2021, 15:04 WIB

KOMPAS.com - Secara alami, rasa manis yang terdapat pada makanan dan minuman diperoleh dari gula.

Saat ini, bukan hanya gula alami saja yang bisa menciptakan rasa manis pada hidangan. Namun, pemanis buatan juga terkandung di dalamnya.

Meski memiliki peran sebagai pengganti gula, belum diketahui pasti tingkat keamanan dari konsumsi pemanis buatan.

Pakar nutrisi dan dokter Tan Shot Yet mengatakan bahwa keberadaan pemanis buatan dalam satu hidangan tidak bisa diidentifikasi secara fisik.

Baca juga: 11 Bahan Pengganti Gula, Ada Stevia Hingga Gula Kelapa

Cara untuk mengetahui apakah makanan tersebut mengandung gula alami atau pemanis buatan, yaitu dengan melihat kemasannya.

Pada bagian kemasan suatu produk biasanya akan terdapat kolom komposisi. Kamu bisa cek kandungan gula pada label nutrisi tersebut.

Dilansir dari EatingWell, berikut 3 langkah mengetahui kandungan gula dan pemanis buatan pada produk kemasan.

Ilustrasi salah satu pemanis pengganti gula, stevia, untuk penderita diabetes (diabetesi). Selain stevia, ada juga produk pemanis yang aman dikonsumsi diabetasi seperti aspartam dan sakarin.SHUTTERSTOCK/NIKCOA Ilustrasi salah satu pemanis pengganti gula, stevia, untuk penderita diabetes (diabetesi). Selain stevia, ada juga produk pemanis yang aman dikonsumsi diabetasi seperti aspartam dan sakarin.

1. Lihat total gula

Pada label kemasan, cek kolom komposisi di bagian gula. Baik kandungan gula alami atau pemanis buatan akan tersedia di sana.

Kandungan laktosa dalam susu dan fruktosa dalam buah termasuk jenis gula alami. Jika produk yang kamu inginkan mengandung keduanya, tidak menjadi masalah.

Gula alami dari susu dan buah biasanya tersedia dalam dosis kecil dan dikemas dengan nutrisi lain yang membantu memperlambat penyerapan.

Baca juga: Cara Pakai Tetes Tebu buat Gantikan Gula pada Resep Makanan

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.