Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Ukur Kematangan Daging Steak, Lihat Ukuran dan Tebal Daging Sapi

Kompas.com - 04/05/2024, 11:31 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bahan yang dibutuhkan untuk memasak steak sekilas tampak sederhana, di antaranya ada butter, daging sapi, dan daun thyme. Namun faktanya memasak steak termasuk sulit, khususnya bagi pemula. 

Kamu harus paham memilih daging yang benar, serta mengetahui tingkat kematangan sesuai keinginan. Hal ini penting supaya daging steak tidak berakhir alot.

Baca juga:

Tingkat kematangan daging steak umumnya diketahui menggunakan termometer. Namun, selain itu ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan dalam mengukur tingkat kematangan daging.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Foodplace (@my.foodplace)

Tips ukur kematangan daging steak

Simak tips mengukur tingkat kematangan daging steak dari Co Founder pemasuk daging sapi berkualitas, Meat Station, Wilson Nugraha berikut.

1. Perhatikan ukuran

Berdasarkan pengalaman memasak Wilson, biasanya pemula yang belajar membuat steak akan berpatokan pada arahan memasak di internet. Baik dari segi bahan, hingga waktu mengolah steak.

Daging wagyu ribeye MBS 8-9, Queensland, Australia di AB Steak, Senayan City, Senin (8/1/2024). Kompas.com/ Suci Wulandari Putri Daging wagyu ribeye MBS 8-9, Queensland, Australia di AB Steak, Senayan City, Senin (8/1/2024).

Namun, katanya, waktu memasak steak tidak bisa disamakan untuk semua daging. Ukuran daging yang berbeda tentu membutuhkan waktu memasak yang berbeda pula.

Baca juga:

"Waktu memasaknya bisa disesuaikan dengan ukur daging, ini bisa seiring dengan pengalaman memasak steak," kata Wilson saat ditemui di gedung Kompas Gramedia Jakarta, Selasa (30/4/2024).

2. Perhatikan ketebalan daging

Kata Wilson, selain memperhatikan ukuran daging, seseorang juga harus memperhatikan ketebalan daging saat membuat steak.

Ilustrasi steak wagyu.Shutterstock/Nishihama Ilustrasi steak wagyu.

Semakin tipis daging yang dimasak, maka waktu memasaknya cenderung lebih singkat. Begitu juga sebaliknya, daging yang lebih tebal membutuhkan waktu memasak lebih lama.

Baca juga: 3 Beda Tenderloin dan Sirloin, Bagian Daging Sapi Populer untuk Steak

"Daging yang tebalnya cuma satu sentimeter dan dimasak selama satu menit, tentu kematangannya akan berbeda dengan ketebalan daging yang lain," katanya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com