Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple, Disney, dan IBM Tarik Iklan dari X karena Materi Antisemit

Kompas.com - 19/11/2023, 13:00 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber DW

LOS ANGELES, KOMPAS.com - Apple, Disney dan Warner Bros Discovery menjadi perusahaan besar terbaru yang menghentikan sementara iklan di X, yang sebelumnya bernama Twitter.

Studio film Lionsgate juga mengatakan pihaknya menghentikan sementara iklan di X.

Sejumlah perusahaan besar telah menarik dana iklan dari perusahaan Elon Musk setelah dia mendukung tweet antisemit minggu ini.

Baca juga: [UNIK GLOBAL] Semangka dan Palestina | Kisah Cabai Terpedas Pepper X

X sebelumnya mencoba memenangkan kembali merek-merek besar dan dana iklan serta meningkatnya pengawasan terhadap disinformasi terhadap X, terutama terkait perang Israel-Hamas.

Dilansir dari DW, laporan mengatakan iklan ditempatkan di sebelah materi antisemit

IBM mengatakan pihaknya berhenti beriklan di X setelah sebuah laporan dari kelompok advokasi liberal Media Matters mengatakan iklan mereka muncul bersamaan dengan materi yang memuji Nazi.

Media Matters mengatakan bahwa iklan dari Apple, Oracle, jaringan Bravo NBCUniversal dan Comcast juga ditempatkan di sebelah materi antisemit di platform tersebut.

"IBM tidak menoleransi ujaran kebencian dan diskriminasi dan kami segera menangguhkan semua iklan di X sementara kami menyelidiki situasi yang sepenuhnya tidak dapat diterima ini," kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan.

Dampak buruk ini berlanjut ketika para ahli mendokumentasikan peningkatan konten kontroversial yang dianut oleh kelompok pembenci di platform tersebut, namun perusahaan tersebut membantah klaim tersebut.

Elon Musk minggu ini menanggapi seorang pengguna yang menuduh orang Yahudi membenci orang kulit putih.

Baca juga: Kisah Cabai Terpedas di Dunia, Pepper X, dan Penemunya

Dia mengaku tidak peduli terhadap antisemitisme, sebuah teori konspirasi yang populer di kalangan supremasi kulit putih.

"Anda telah mengatakan kebenaran yang sebenarnya," tulis Musk dalam balasannya kepada pengguna tersebut, mengejutkan orang-orang dan kritikus yang menuduh Musk menoleransi pesan-pesan antisemit di platform tersebut sejak membelinya tahun lalu.

Konten di X juga semakin mendapat perhatian sejak perang antara Israel dan Hamas dimulai.

Baca juga: Elon Musk Dituduh Pecat Karyawan Secara Ilegal Akibat Postingan di X

Sebuah koalisi yang terdiri dari 164 pemimpin dan akademisi Yahudi mengeluarkan pernyataan menanggapi tweet Musk, menyerukan perusahaan seperti Disney, Apple dan Amazon serta pengiklan besar lainnya untuk berhenti mendanai X melalui belanja iklan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com