Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Jangkrik, Tonggeret, dan Cacing Jadi Camilan di Museum Serangga Amerika...

Kompas.com - 27/04/2024, 18:56 WIB
Irawan Sapto Adhi

Editor

Penulis: VOA Indonesia

NEW ORLEANS, KOMPAS.com - Sebuah museum serangga di New Orleans, Louisiana menawarkan menu makanan menarik yang terbuat dari serangga, termasuk tonggeret.

Anda tertarik untuk mencicipinya?

Mungkin serangga Cicada atau tonggeret terlihat seperti monster kecil. Suara gaduh yang mereka buat mungkin bisa mengganggu.

Baca juga: Napi di Penjara AS Meninggal Dimakan Serangga dan Kutu Kasur

Namun, ketika beberapa negara di Amerika Serikat bersiap menghadapi kemunculan triliunan jangkrik yang berisik ini, para ahli serangga mengatakan bahwa makhluk kecil ini juga bisa menjadi camilan yang lezat.

University of Maryland di negara bagian Maryland misalnya, menerbitkan buku masak dengan menu jangkrik pada 2004.

Cicada Dewasa siap mencari pasangannya.Made Yoni/VOA Cicada Dewasa siap mencari pasangannya.

Dan, sekarang, museum serangga, Audubon Insectarium di New Orleans, Louisiana berencana mendemonstrasikan cara memasak tonggeret di bar makanan ringan di dalam gedung yang sudah menyajikan hidangan seperti Southwest Waxworms atau cacing lilin dengan bubuk cabai dan Crispy Cajun Crickets atau jangkrik garing dengan bumbu cajun.

"Masing-masing budaya memiliki berbagai hal yang mereka sukai untuk dimakan dan hal-hal yang tabu atau yang membuat orang lain mengernyitkan dahi, dan mengerutkan kening ketika melihatnya," ujar Zack Lemann, kurator koleksi satwa di Audubon Insectarium kepada Associated Press.

Baca juga: Singapura Akan Izinkan 16 Spesies Serangga Dikonsumsi Manusia, Termasuk Kepompong Ulat Sutra

Namun, menurut Zack, tidak ada alasan untuk melakukan hal seperti itu terhadap serangga.

Mengenai menu tonggeret di Audubon Insectarium, Zac Lemann berharap mereka bisa mendapatkan tonggeret musiman, yang akan keluar dalam jumlah puluhan juta dalam beberapa minggu mendatang. Sehingga mereka dapat menyajikannya sebagai menu khusus.

Zac menambahkan, biasanya tonggeret tidak ada dalam menu, karena sebagian besar tonggeret di dunia, yang bukan tonggeret musiman, tidak memerlukan waktu tiga belas atau tujuh belas tahun untuk berkembang seperti ini dan muncul dalam jumlah jutaan sekaligus. Tonggeret yang umum ada di mana-mana.

Siswa SD Woodmere, Harvey, La, mengantre untuk mencicipi tonggeret di Audubon Insectarium di New Orleans. AP/Gerald Herbert via VOA Indonesia Siswa SD Woodmere, Harvey, La, mengantre untuk mencicipi tonggeret di Audubon Insectarium di New Orleans.

Rasa yang ditawarkan di Audubon Insectarium pun beragam, ada yang asin dan ada yang manis.

Pastinya, menurut Zack, semakin aneh makanannya, semakin enak.

Baca juga: Putin Ancam Para Pengkhianat: Mereka Akan Dilepeh Layaknya Serangga

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com