Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arab Saudi Imbau Warga Waspadai Penipuan Visa Haji Palsu

Kompas.com - 27/04/2024, 16:38 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber Antara

RIYADH, KOMPAS.com - Seorang sumber resmi dari Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi memperingatkan umat Muslim yang berencana melaksanakan haji untuk tidak menjadi korban kampanye haji palsu yang beredar di media sosial.

Dalam keterangan tertulis yang dikeluarkan Kedutaan Besar Arab Saudi di Jakarta pada Sabtu (27/4/2024), ditegaskan bahwa siapa pun yang ingin menunaikan ibadah haji harus mendapatkan visa haji yang sah dari otoritas Arab Saudi yang berkoordinasi dengan kantor haji di negara masing-masing.

Warga juga bisa mendapatkannya melalui platform "Nusuk Haji" untuk negara-negara yang tidak memiliki kantor tersebut.

Baca juga: Arab Saudi Jadi Ketua Komisi Perempuan, Picu Kecaman Pegiat HAM

Sumber itu kemudian mengatakan, Kementerian Arab Saudi memantau dengan cermat iklan dan kampanye dari akun media sosial palsu yang menjanjikan perjalanan haji murah.

Untuk itu, mereka mendesak umat Muslim di mana pun berada untuk berhati-hati dan tidak tergiur dengan tawaran semacam itu.

Kementerian tersebut juga memuji upaya Komisi Tertinggi Haji dan Umrah di Irak dalam menangkap lebih dari 25 perusahaan palsu yang mempromosikan wisata haji komersial.

Pihak Arab Saudi mengapresiasi kolaborasi dari semua negara dalam memerangi masalah ini.

Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi mengingatkan visa untuk umrah, pariwisata, pekerjaan, kunjungan keluarga, dan transit tidak mengizinkan seseorang untuk melakukan ibadah haji.

Mereka kemudian menyarankan semua orang untuk mengikuti regulasi yang ditetapkan oleh otoritas resmi dan untuk tidak berurusan dengan perusahaan palsu yang menawarkan paket haji.

Sebagaimana dikutip dari Antara, Kementerian Saudi tersebut juga terus memantau perusahaan-perusahaan dan kampanye palsu visa atau paket haji serta mendesak masyarakat untuk melaporkannya.

Baca juga:

Mereka mendorong masyarakat untuk mencari informasi resmi dari situs Web dan saluran media sosial resmi Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com