Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengintip Perayaan Idul Fitri Kerajaan Arab Saudi

Kompas.com - 11/04/2024, 13:44 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Arab News

RIYADH, KOMPAS.com - Hari Raya Idul Fitri, acara penting dalam kalender Islam yang menandai puncak bulan puasa Ramadan, dirayakan dengan semangat dan kegembiraan keagamaan di seluruh Kerajaan Arab Saudi.

Umat Islam di seluruh Arab Saudi melaksanakan salat Idul Fitri pada Rabu (10/4/2024) pagi, 15 menit setelah matahari terbit, sesuai dengan kalender Umm Al-Qura.

Untuk mengantisipasi salat Idul Fitri, jamaah memenuhi ruang salat dan masjid yang telah disiapkan dengan cermat di seluruh Kerajaan pada dini hari.

Baca juga: Pidato Idul Fitri Raja Salman: Perang di Gaza Harus Diakhiri

Dilansir dari Arab News, Raja Salman dan Putra Mahkota Mohammed bin Salman melaksanakan salat Idul Fitri untuk merayakan puncak bulan suci Ramadan.

Raja melaksanakan salat Idul Fitri di Istana Al-Salam di Jeddah bersama beberapa pangeran dan pejabat senior, sedangkan putra mahkota melaksanakan salat Idul Fitri bersama jamaah di Masjidil Haram di Makkah.

Putra mahkota kemudian bertemu dengan para pangeran, ulama, syekh, Yang Mulia, dan pejabat senior untuk saling bertukar ucapan selamat Idul Fitri.

Raja dan putra mahkota sebelumnya mengirimkan pesan ucapan selamat kepada para pemimpin negara-negara Islam, dengan pesan peningkatan keamanan, stabilitas dan kemakmuran.

Ribuan umat Islam memenuhi Masjidil Haram di Makkah dan Masjid Nabawi di Madinah untuk merayakan salat Idul Fitri. Sholat di Masjidil Haram dipimpin oleh Syekh Saleh bin Abdullah bin Humaid.

Dalam khotbah Idul Fitrinya, Syekh Humaid memuji dedikasi Arab Saudi dalam melayani jutaan orang yang mengunjungi masjid-masjid suci setiap tahunnya dan menyampaikan pesan kuat tentang persatuan dan hubungan sosial.

Beliau mendesak umat Islam untuk menggunakan Idul Fitri sebagai kesempatan untuk memperkuat ikatan satu sama lain, dan menekankan pentingnya menyebarkan perdamaian dan harapan baik, mendorong rekonsiliasi, dan mempraktikkan sikap saling memaafkan.

Baca juga: Pilu Warga Gaza Sambut Idul Fitri 2024 dengan Kekurangan Makanan dan Rumah Jadi Puing-puing...

Di Masjid Nabawi, Imam Syekh Ahmed bin Ali Al-Hudhaifi, dalam khotbah Idul Fitrinya, menguraikan keutamaan Idul Fitri dan prinsip-prinsip inti Islam, dengan menekankan pentingnya ketakwaan.

Gubernur Madinah Pangeran Salman bin Sultan dan wakilnya, Pangeran Saud bin Khalid bin Faisal, melaksanakan salat Idul Fitri bersama jamaah di Masjid Nabawi.

Jutaan umat Islam di seluruh Kerajaan Arab Saudi menghadiri salat Idul Fitri berjamaah di berbagai masjid dan tempat salat yang ditunjuk untuk acara yang penuh berkah ini.

Baca juga: Arab Saudi Umumkan Idul Fitri 2024 Jatuh pada Rabu 10 April

Dalam salat yang dilakukan di berbagai daerah, dan dihadiri oleh para gubernur daerah serta pejabat senior, para khatib mengucapkan selamat kepada umat Islam atas hari raya Idul Fitri yang penuh berkah, berdoa kepada Allah SWT agar menerima puasa, salat, sedekah, dan amal saleh mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com