Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biden Akan Hadiri KTT Perdamaian Perang Rusia-Ukraina di Swiss

Kompas.com - 11/04/2024, 08:29 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

LUCERNE, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden diperkirakan akan menghadiri konferensi perdamaian tingkat tinggi untuk perang Rusia-Ukraina, yang akan diadakan di Swiss pada pertengahan Juni 2024.

Kantor berita AFP pada Rabu (10/4/2024) melaporkan, tanggal konferensi belum ditetapkan, tetapi beberapa media menyebutkan tanggal 16-17 Juni.

Undangan belum dikirim, tetapi surat kabar harian NZZ mengutip sumber yang mengatakan bahwa Biden akan hadir bersama perwakilan penting dari puluhan negara.

Baca juga: Saat Bantuan Masih Macet, AS Akan Jual Peralatan Militer ke Ukraina

Adapun pihak berwenang Swiss belum memberikan rincian apapun mengenai konferensi tersebut.

Pada Januari 2024, Swiss mengumumkan akan mengadakan KTT perdamaian setelah Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky bertemu Presiden Swiss Viola Amherd.

Saat itu, Zelensky berbicara tentang KTT tanpa partisipasi Rusia.

Baca juga:

Swiss yang biasanya netral menyebutnya konferensi tingkat tinggi mengenai perdamaian di Ukraina, dan berusaha menarik perhatian China serta negara-negara berkembang lainnya.

Namun, Kremlin percaya Swiss tak lagi netral karena telah mendukung sanksi Uni Eropa terhadap Rusia.

Menurut Bloomberg, konferensi tersebut tidak akan diadakan di Jenewa seperti yang diberitakan beberapa media, tetapi di Lucerne di Pegunungan Alpen di Hotel Burgenstock yang mewah.

Pada Januari 2024, Swiss menjadi tuan rumah bagi lebih dari 80 penasihat keamanan nasional untuk mencari titik temu formula perdamaian Ukraina.

Baca juga: Zelensky Segera Tetapkan Tanggal Pertemuan Perdamaian Dunia di Swiss

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com