Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demonstran Pro-Palestina di UCLA Bentrok dengan Pendukung Israel

Kompas.com - 29/04/2024, 14:30 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Reuters

 LOS ANGELES, KOMPAS.com - Protes di berbagai universitas di Amerika Serikat (AS) tidak menunjukkan tanda-tanda mereda selama akhir pekan.

Lebih banyak penangkapan di berbagai kampus di seluruh negeri dan bentrokan antara demonstran pro-Israel dan pro-Palestina di UCLA, di mana sebuah tenda didirikan pekan lalu.

Seiring dengan meluasnya ukuran perkemahan pro-Palestina di University of California di Los Angeles dalam beberapa hari terakhir, para demonstran tandingan menjadi semakin vokal dan terlihat di kampus tersebut, meskipun kedua belah pihak tetap damai hingga Minggu (28/4/2024).

Baca juga: Polisi Bubarkan Perkemahan dan Tangkap 192 Demonstran Pro-Palestina di 3 Kampus AS

Tapi dilansir dari Reuters, situasi berubah ketika beberapa demonstran menerobos pembatas yang dipasang oleh pihak sekolah untuk memisahkan kedua faksi.

Mary Osako, wakil rektor UCLA untuk komunikasi strategis UCLA menyebut anggota kedua faksi saling dorong dan meneriakkan slogan-slogan serta hinaan, dan dalam beberapa, kasus saling bertukar pukulan.

Aksi saling dorong dan dorong terjadi selama beberapa waktu di antara kantong-kantong demonstran, namun polisi kampus yang dipersenjatai dengan pentungan akhirnya memisahkan kelompok-kelompok yang bertikai.

"UCLA memiliki sejarah panjang sebagai tempat protes damai, dan kami sangat sedih dengan kekerasan yang terjadi," kata Osako.

Teriakan-teriakan itu berhenti sekitar pukul 15.30 waktu setempat dan para pengunjuk rasa pro-Palestina kembali ke perkemahan, menurut fotografer Reuters yang berada di lokasi kejadian.

Polisi Los Angeles tidak terlibat dalam memadamkan keributan tersebut, kata perwakilan polisi kampus, dan tidak ada penangkapan yang dilakukan.

Demonstrasi duel di kampus UCLA melibatkan setidaknya beberapa orang dari luar universitas, menurut pernyataan sebelumnya dari pihak universitas, yang mengatakan bahwa mereka telah mengizinkan dua kelompok di kampus mengekspresikan pandangan mereka.

Baca juga: Atlet Palestina Bakal Diundang ke Olimpiade Paris 2024

Anggota Harriet Tubman Center for Social Justice berencana untuk mendukung hak mahasiswa untuk berunjuk rasa.

Sementara Stand in Support of Jewish Students, yang bermitra dengan Dewan Israel-Amerika, berencana untuk menentang kebencian dan antisemitisme di dalam kampus.

Baca juga: China Jadi Tuan Rumah Perundingan Persatuan Palestina bagi Hamas-Fatah

Dalam dua minggu terakhir, protes pro-Palestina telah menyebar ke kampus-kampus di seluruh Amerika Serikat, dipicu oleh penangkapan massal lebih dari 100 orang di Universitas Columbia lebih dari seminggu yang lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com