Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hamas: Serangan Israel di Rafah untuk Halangi Perundingan Gencatan Senjata

Kompas.com - 09/05/2024, 21:17 WIB
Albertus Adit

Penulis

Sumber AFP

GAZA, KOMPAS.com - Pejabat Hamas pada Kamis (9/5/2024) mengatakan bahwa serangan Israel di Rafah bertujuan untuk menghalangi perundingan gencatan senjata di Gaza.

Bahkan Israel juga menentang keberatan internasional dengan mengirim tank ke Rafah yang penuh dengan warga sipil Palestina.

Selain itu, Israel juga telah merebut sebuah persimpangan yang merupakan jalur utama bantuan ke wilayah yang terkepung tersebut.

Baca juga: Bantuan Pertama Gaza Siap Kirim via Dermaga Terapung Buatan AS

"Operasi militer Israel di Rafah dan perbatasannya bertujuan untuk menghalangi upaya para mediator," kata Ezzat al-Rishq dalam sebuah pernyataan, dikutip dari AFP.

Namun Hamas tetap berkomitmen untuk menerima proposal (gencatan senjata) yang diajukan oleh para mediator.

Pejabat itu mengatakan delegasi Hamas yang dikirim ke perundingan di Kairo telah berangkat dan melakukan perjalanan kembali ke ibu kota Qatar.

Mesir, Qatar dan Amerika Serikat telah berusaha menengahi kesepakatan antara Israel dan Hamas selama berbulan-bulan.

"Pembicaraan yang melibatkan delegasi Qatar, AS dan Hamas yang bertujuan untuk memperkuat kesepakatan gencatan senjata yang telah lama terhenti dilanjutkan pada Kamis di Kairo," terang Al-Qahera News, yang terkait dengan intelijen Mesir.

Baca juga: Biden Ancam Hentikan Senjata, Israel: Sangat Mengecewakan

Ia menambahkan, dengan mengutip sumber informasi, bahwa Jihad Islam, yang berjuang bersama Hamas, dan Front Populer Marxis untuk Pembebasan Palestina, juga berpartisipasi dan terbuka untuk mencapai kesepakatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com