Kompas.com - 16/02/2021, 09:43 WIB
Papan nama perusahaan The Pfizer Global Supply di Portage, Michigan, Amerika Serikat, yang dipotret pada Jumat (11/12/2020). Vaksin Pfizer-BioNTech didistribusikan ke seluruh AS dan mulai disuntik pada Senin (14/12/2020) ke 3 juta orang di gelombang pertama. AP PHOTO/PAUL SANCYAPapan nama perusahaan The Pfizer Global Supply di Portage, Michigan, Amerika Serikat, yang dipotret pada Jumat (11/12/2020). Vaksin Pfizer-BioNTech didistribusikan ke seluruh AS dan mulai disuntik pada Senin (14/12/2020) ke 3 juta orang di gelombang pertama.

TEL AVIV, KOMPAS.com - Lebih banyak data dari program vaksin Covid-19 Israel yang meyakinkan suntikan Pfizer dapat mencegah 94 persen infeksi virus corona

Hal itu menunjukkan bahwa vaksin Pfizer bekerja baik dalam populasi lebih besar, seperti yang dilakukan dalam uji klinis.

Ini terbukti sangat efektif dalam mencegah penyakit Covid-19 termasuk tingkat yang paling parah untuk semua kelompok usia, menurut dokter kesehatan masyarakat, Prof Hagai Levine.

Baca juga: Inggris Sudah Capai Target Inokulasi Vaksin Covid-19 untuk 22 Persen Populasi

"Cakupan vaksinasi (Covid-19) yang tinggi untuk kelompok paling rentan," ujar Levine seperti yang dilansir dari BBC pada Selasa (16/2/2021).

Pendanaan kesehatan terbesar Israel, Clait, mengamati tes positif dari 600.000 orang yang kemudian divaksinasi dalam jumlah yang sama dari orang yang tidak divaksinasi, dan disesuaikan usia serta status kesehatannya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ditemukan 94 persen lebih sedikit infeksi dapat terjadi di antara kelompok yang divaksin.

Hal itu didasarkan pada hasi tes dalam rekam medis seseorang, biasanya diambil, jika mereka memiliki gejala atau ada kontak dekat dengan seseorang yang dites positif Covid-19.

Berdasarkan data, maka dinyatakan vaksin Pfizer mencegah hampir semua kasus virus corona serius.

Pola yang sama juga ditunjukkan pada semua kelompok usia, termasuk di atas 70-an tahun, yang mungkin kurang terwakili dalam uji klinis.

Baca juga: Rasialisme Bikin Orang Afro-Amerika di AS Jadi Skeptis terhadap Vaksin Covid-19

Data tersebut belum dipublikasikan secara resmi.

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!


Sumber BBC
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X