Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Remaja Chicago Ini Raih Doktor di Usia 17 Tahun

Kompas.com - 14/05/2024, 16:37 WIB
Albertus Adit

Penulis

Sumber ABC News

CHICAGO, KOMPAS.com - Dorothy Jean Tillman II yang baru berusia 17 tahun berhasil mempertahankan disertasinya dan meraih gelar doktor di Program Doktor Manajemen Kesehatan Perilaku di Arizona State University.

Ia yang berasal dari Chicago tersebut menghadiri wisuda bulan Mei ini bersama wisudawan lainnya.

Dikutip dari ABC News pada Selasa (14/5/2024), Dorothy dulu ketika baru berusia 10 tahun ia menjadi mahasiswa baru di perguruan tinggi Lake County, Jurusan Psikologi.

Baca juga: Iffatul Umniati Raih Doktor di Universitas Al Azhar, Predikat Summa Cumlaude

Pada 2020, ia memperoleh gelar Master of Science dari Unity College dan kemudian diterima pada 2021 di program doktor ketika dia berusia 15 tahun.

Kepada Good Morning America (GMA), Dorothy mengatakan dia selalu menjunjung tinggi pendidikan karena latar belakang keluarganya.

"Orang-orang dalam hidup saya seperti nenek saya, yang merupakan bagian dari Gerakan Hak-Hak Sipil, dia tentu saja menekankan pentingnya pendidikan dan selalu mempelajari sesuatu secara konsisten," kata Dorothy.

Dia ternyata memiliki cara dalam memilih pendidikan. Tidak harus mempelajari semua mata pelajaran, tetapi ada hal lain di dunia ini yang menarik bagi dirinya.

"Saya merasa dorongan untuk mempelajari sesuatu yang baru tidak pernah ada dalam diri saya," kata dia.

Baca juga: Hampir 130.000 Anak Terpapar Air Minum Tercemar Timbal di Chicago

Dorothy berkata, saat tumbuh dewasa, dia selalu merasa tertarik pada psikologi dan bidang terkait.

Pada Desember 2023 di usia 17 tahun, Dorothy berhasil mempertahankan disertasinya untuk mendapatkan gelar doktor dalam bidang kesehatan perilaku terintegrasi dari College of Health Solutions Arizona State University.

Sedangkan pada 6 Mei 2024, dia berjalan di upacara wisuda bersama dengan lulusan lainnya.

Leslie Manson, seorang profesor klinis di Arizona State University, mengatakan kepada "GMA" bahwa Dorothy adalah orang termuda dalam sejarah sekolah yang memperoleh gelar doktor dalam kesehatan perilaku terintegrasi.

"Ini adalah perayaan yang luar biasa, dan kami berharap Dorothy Jean menginspirasi lebih banyak siswa lain," kata Manson.

"Tetapi ini masih merupakan sesuatu yang sangat langka dan unik," imbuh dia.

Selama kuliahnya di Arizona State University, Mason mengatakan dia melihat pertumbuhan Dorothy dalam memperoleh keterampilan menulis profesional.

Dorothy juga memiliki jiwa kepemimpinan, dan mencatat bahwa Dorothy adalah orang yang punya rasa ingin tahu dan cerdas.

Baca juga: Satu Lagi Toko Indonesia Hadir di Chicago, Jual Produk Seni dan Kerajinan

"Dia mempunyai ide-ide inovatif dan motivasi, dan itu luar biasa. Dan sungguh, menurut saya apa yang menginspirasi adalah dia mewujudkan makna menjadi pemimpin sejati," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com