Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terkait Berita Presiden Lai Dikecam Publik, Berikut Klarifikasi Kantor Perwakilan Taiwan di Indonesia

Kompas.com - 29/05/2024, 16:48 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Berita Kompas.com pada 26 Mei 2024 yang berjudul "Publik Taiwan Kecam Langkah Lai Ching-te Hadapi China, Sebut Presiden Provokatif" diklarifikasi kantor perwakilan Taiwan (TETO) di Indonesia pada Rabu (29/5/2024)

TETO, mengutip jajak pendapat terbaru mengenai Presiden Lai Ching-te yang dirilis Taiwan Public Opinion Foundation yang kredibel pada tanggal 28 bulan ini, menyebut lebih dari 51 persen masyarakat Taiwan puas dengan pidato pelantikan Presiden Lai.

Lalu, 74 persen setuju bahwa Republik China (Taiwan) dan Republik Rakyat China (China) tidak saling memiliki. 58 persen setuju dengan cara Presiden Lai menangani urusan nasional. 

Baca juga: Taiwan Minta Dukungan Indonesia di Tengah Latihan Militer China

Jika tingkat rasa suka masyarakat Taiwan terhadap Presiden Lai dinyatakan dalam skala 0 hingga 100, maka tingkat rasa suka masyarakat Taiwan terhadap Presiden Lai adalah 61,35.

TETO juga menyebut masyarakat pada umumnya mendukung Presiden Lai yang berkuasa. Oleh karena itu, judul berita tersebut yang menyebutkan "Publik Taiwan Kecam Langkah Lai Ching-te Hadapi China, Sebut Presiden Provokatif" kurang sesuai dengan fakta.

Masyarakat Taiwan, menurut TETO, sejak lama telah menyatakan rasa muak terhadap penggunaan kekuatan militer yang terus dilakukan China untuk mengintimidasi Taiwan.

Kali ini, China disebut dengan sengaja menggunakan latihan militer untuk memaksa rakyat Taiwan melepaskan demokrasi dan kebebasannya, serta memengaruhi stabilitas dan pembangunan antarselat. 

Hal ini justru membuat rakyat Taiwan semakin antipati terhadap China.

Baca juga: Menerka Bagaimana Presiden Baru Taiwan William Lai Hadapi China

TETO berharap seluruh lapisan masyarakat di Indonesia tidak salah mengartikan judul berita di atas.

Baca juga: Kata Presiden Baru Taiwan Usai China Kerahkan Pesawat dan Kapal di Sekitar Pulau

Kantor Perwakilan Taiwan di Indonesia menekankan bahwa isi pidato pelantikan Presiden Lai Ching-te didukung oleh seluruh lapisan masyarakat dan mayoritas opini publik di Taiwan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com