Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aksi Putri Indonesia Sumut 2022 Ikut Promosikan Pariwisata Indonesia di CTAS 2023 di Chicago...

Kompas.com - 18/01/2023, 10:45 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

CHICAGO, KOMPAS.com - KJRI Chicago pada tahun ini kembali ikut serta dalam acara travel show terbesar di Amerika Serikat (AS), yakni Chicago Travel and Adventure Show (CTAS).

Pada tahun ini, CTAS diselenggatakan di Donald E. Stevens Convention Center pada 14-15 Januari 2023.

Sejak pertama kali diselenggarakan lebih dari 18 tahun lalu, CTAS sudah dikunjungi 2,5 juta lebih pelancong dan melibatkan lebih dari 4.500 vendor dan agen travel.

Baca juga: KJRI Chicago Beri Batik ke Pemain NBA Justin Holiday, Ini Respons Antusiasnya

Di tahun 2023, pameran ini dilaporkan berhasil menyedot lebih dari 138.000 pengunjung selama 2 hari acara.

Gandeng Putri Indonesia Sumut 2022

Pada gelaran CTAS 2023, KJRI kehadiran tamu spesial, yakni Sarah Pia Desideria Panjaitan, Putri Indonesia Sumatra Utara.

Sarah tepatnya ikut berpartisipasi di hari ke-2.

Bukan hanya tampil dan menyanyikan lagu Tano Batak, Sarah juga sempat membuat konten untuk mempromosikan hasil karya UMKM kerajinan perak dari Bali.

Bersama Indonesian Consulate Dance Troupe, yakni tim penari dari KJRI, Sarah juga menampilkan Tari Sinanggar Tulo.

KJRI Chicago pada tahun ini kembali ikut serta dalam acara travel show terbesar di Amerika Serikat (AS), yakni Chicago Travel and Adventure Show (CTAS) pada Sabtu-Minggu (14-15/1/2023).KJRI Chicago KJRI Chicago pada tahun ini kembali ikut serta dalam acara travel show terbesar di Amerika Serikat (AS), yakni Chicago Travel and Adventure Show (CTAS) pada Sabtu-Minggu (14-15/1/2023).

 

Indonesian Consulate Dance Troupe sendiri menampilkan pula sajian Tari Merak.

Baca juga: Resepsi Diplomatik KJRI Chicago Jadi Ajang Promosi Batik

Dalam keterangan tertulis yang dikirim kepada Kompas.com pada Rabu (18/1/2023), KJRI Chincago menuturkan, ketiga penampilan ini sukses menarik pengunjung untuk bergoyang bersama.

”Saya merasa sangat terhormat bisa ikut berpartisipasi di pameran travel terbesar di AS, khususnya mempromosikan Danau Toba dan mewakili Sumatra Utara sebagai salah satu destinasi pariwisata prioritas,” kata Sarah.

Sementara itu, booth Indonesia di CTAS 2023 menghadirkan dua travel agents milik diaspora Indonesia yakni Travel to Paradise dan Bali Dia, serta aneka kerajinan perak yang dibawa langsung dari Bali.

Kedua agen ini pun tampak menerima banyak pertanyaan mengenai situasi perjalanan di Indonesia dan bagaimana cara terbaik untuk menjelajah Indonesia dari para pengunjung pameran.

"Senang sekali bisa berkolaborasi dengan KJRI Chicago untuk CTAS tahun 2023. Saya banyak bertemu dengan klien–klien lama, dan mereka semua sudah seperti keluarga. Banyak di antara mereka yang berencana untuk kembali ke Bali pada tahun ini atau tahun 2024. Banyak di antara mereka yang selalu pergi ke Indonesia setiap tahun, tapi terhenti karena pandemi,” jelas Sayang Willis dari Bali Dia.

Baca juga: Saat KJRI Chicago Rela Tempuh 350 Km demi Perkenalkan Soto Betawi di Michigan...

Konjen Meri Binsar Simorangkir menjelaskan, CTAS adalah salah satu pameran yang rutin diikuti oleh KJRI Chincago.

Keterlibatan ini dilakukan sebagai cara untuk memastikan bahwa masyarakat AS mengenal dan mengingat Indonesia sebagai salah satu destinasi wajib yang perlu dikunjungi.

"Mereka banyak yang sudah mengenal Bali, tapi sekarang banyak pula yang tertarik untuk mengunjungi Labuan Bajo dan Raja Ampat. Jadi tugas KJRI untuk terus mendorong mereka untuk merealisasikan ketertarikan itu," ucap dia.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com