Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Swedia Janjikan Bantuan Militer Rp 20,26 Triliun ke Ukraina

Kompas.com - 29/05/2024, 21:55 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

STOCKHOLM, KOMPAS.com - Swedia pada Rabu (29/5/2024) menjanjikan bantuan militer sebesar 13,3 miliar krona (Rp 20,26 triliun) kepada Ukraina.

Bantuan ini dijanjikan saat Ukraina mengalami penundaan dukungan militer penting dari Barat, dalam perang melawan Rusia yang memasuki tahun ketiga.

Negara Skandinavia yang resmi bergabung ke NATO pada Maret 2024 ini akan menyumbang berbagai perlengkapan militer, termasuk pesawat pengintai ASC 890, rudal udara-ke-udara jarak menengah Rb 99 dan amunisi artileri, serta seluruh armada personel lapis baja PBV 302.

Baca juga: Tragedi di Desa Yahidne Dinilai Jadi Gambaran Rencana Putin atas Ukraina

“Swedia mendukung Ukraina dengan paket bantuannya yang ke-16, terbesar sejauh ini senilai 13,3 miliar krona,” kata Wakil Perdana Menteri Ebba Busch kepada wartawan, dikutip dari kantor berita AFP.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky kemudian memuji paket bantuan tersebut penting bagi pertahanan dan ketahanan Ukraina, dalam unggahannya di media sosial X.

"(Bantuan Swedia) tidak hanya menyelamatkan nyawa warga Ukraina, tetapi juga membantu menjamin perdamaian dan keamanan jangka panjang di Eropa,” tulisnya.

Baca juga:

Menteri Pertahanan Swedia Pal Jonson, yang juga berpartisipasi dalam konferensi pers melalui panggilan video, menambahkan bahwa pesawat pengintai ASC 890 akan sangat berguna bagi pertahanan udara Ukraina karena dapat mengidentifikasi rudal jelajah dan drone yang masuk serta mengidentifikasi target di darat dan laut.

Swedia masih berencana mengirim jet tempur Gripen ke Ukraina, tetapi pada Selasa diminta menunda oleh koalisi angkatan udara untuk Ukraina karena mereka memprioritaskan jet tempur F-16 buatan AS.

Janji tersebut menjadikan total bantuan Swedia ke Ukraina sejak invasi Rusia pada 2022 mencapai lebih dari 100 miliar krona (Rp 152,39 triliun), menjadikan Kyiv sebagai penerima bantuan Swedia terbesar.

Baca juga: Swedia Akhirnya Gabung NATO

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com