Demo di Depan Vila Raja Thailand, Aktivis Pasang Plakat "Negara Milik Rakyat"

Kompas.com - 26/09/2020, 21:16 WIB
Raja Thailand Maha Vajiralongkorn. AFP/LILLIAN SUWANRUMPHARaja Thailand Maha Vajiralongkorn.

TUTZING, KOMPAS.com – Aktivis Thailand tak hanya menggelar aksi protes di Bangkok, namun juga kediaman Raja Maha Vajiralongkorn di Jerman.

Aksi protes aktivis di Thailand di Jerman adalah memasang plakat bertuliskan "negara milik rakyat" di depan via Raja Maha pada Jumat (25/9/2020).

Pada Minggu (20/9/2020), plakat serupa juga sempat dipasang di lapangan sebelah Istana Kerajaan di Bangkok. Namun plakat tersebut dicopot sehari setelah dipasang.

Dilansir dari Channel News Asia, di tengah hujan lebat, penyelenggara protes Junya Limprasert dari Act4Dem membacakan surat kepada raja.

Baca juga: Pengunjuk Rasa Thailand Marah, Parlemen Tunda Keputusan Reformasi Konstitusi

Dia menyerukan lebih banyak demokrasi dan mengatakan rakyat Thailand tidak menginginkan seorang raja yang menghabiskan sebagian besar waktunya di Jerman.

"Kami ingin raja menyerahkan takhta, kami ingin raja berhenti melecehkan rakyat Thailand," teriak Junya di luar vila Raja Maha di Tutzing, Jerman.

Kedutaan Besar Thailand di Berlin tidak dapat dihubungi untuk dimintai komentar.

Sementara itu, Istana Kerajaan Thailand tidak memberikan komentar dan tidak memberikan tanggapan atas aksi unjuk rasa di Thailand.

Baca juga: Mulai Berani Pertanyakan Raja Thailand, Anak Muda Ini Jadi Sorotan

Para pengunjuk rasa mulai berani menantang monarki Thailand, melanggar tabu yang sudah lama ada, dengan menuntut reformasi monarki sejak Agustus.

Seruan reformasi monarki semakin bergema dalam aksi unjuk rasa yang dihadiri oleh puluhan ribu rakyat Thailand akhir pekan lalu di Bangkok.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X