Aksi Gigih Nenek 73 Tahun Viral Saat Ikut dalam Barisan Anti Presiden Lukashenko

Kompas.com - 06/09/2020, 11:58 WIB
Aktivis oposisi Nina Baginskaya, 73, tengah, berjuang dengan polisi selama unjuk rasa pendukung oposisi Belarusia di Lapangan Kemerdekaan di Minsk, Belarusia, Rabu, 26 Agustus 2020. Polisi di Belarus telah membubarkan pengunjuk rasa yang berkumpul di alun-alun pusat ibu kota, menahan puluhan . Tindakan keras di Lapangan Kemerdekaan pada hari Rabu terjadi pada hari ke-18 protes berturut-turut yang mendorong pengunduran diri Presiden otoriter Belarusia Alexander Lukashenko. AP Photo/Dmitri LovetskyAktivis oposisi Nina Baginskaya, 73, tengah, berjuang dengan polisi selama unjuk rasa pendukung oposisi Belarusia di Lapangan Kemerdekaan di Minsk, Belarusia, Rabu, 26 Agustus 2020. Polisi di Belarus telah membubarkan pengunjuk rasa yang berkumpul di alun-alun pusat ibu kota, menahan puluhan . Tindakan keras di Lapangan Kemerdekaan pada hari Rabu terjadi pada hari ke-18 protes berturut-turut yang mendorong pengunduran diri Presiden otoriter Belarusia Alexander Lukashenko.

MINSK, KOMPAS.com - Aksi protes warga Belarusia melawan fasisme Presiden Alexander Lukashenko diikuti oleh hampir semua orang, tak terkecuali nenek berusia 73 tahun.

Video viral menunjukkan seorang nenek bernama Nina Bahinskaya yang tak kenal takut melawan polisi anti huru-hara yang merampas bendera protesnya, menurut berita yang dilansir dari New York Post pada Jumat (4/9/2020). 

Dia berani melawan dengan menendang para petugas yang berusaha menghentikan aksi protesnya.

Atas kegigihannyaa, ia disebut seperti pahlawan yang memberikan semangat para generasi muda melawan rezim presiden yang telah menjabat sejak 1994 itu. 

Baca juga: Bubarkan Demo Belarus, Lukashenko Todong Senapan ke Massa

Sekarang, teriakan “Nina! Nina!" ikut menggema saat nenek berambut putih itu ikut berbaris dalam demonstrasi jalanan selama sebulan melawan Presiden Belarusia Alexander Lukashenko.

"Dia adalah pahlawan di zaman kita," kata seorang pengunjuk rasa wanita muda kepada BBC News tentang aksi protes nenek 73 tahun itu.

"Kami telah mengawasi Anda dan kami ingin menjadi seperti Anda!" ungkap seorang pengunjuk rasa wanita muda lainnya yang mendukung kegigihan Bahinskaya.

Baca juga: Ricuh Pilpres Belarus, Lukashenko Perintahkan Militer Siap Tempur di Perbatasan

"Dia tidak akan maju dengan caranya," kata Bahinskaya kepada BBC tentang Lukashenko, seorang diktator yang menolak untuk mundur setelah mengklaim kemenangan telak dalam pemilihan presiden 9 Agustus yang secara luas dianggap curang.

"Dia (Lukashenko) orang sakit," kata nenek berkacamata itu kepada BBC.

"Dia adalah seorang psikopat, dikendalikan oleh orang-orang dari Moskwa," lontarnya.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X