Hari Ini dalam Sejarah: Nazi Jerman Perintahkan Orang Yahudi Pakai Lencana 'Bintang Daud'

Kompas.com - 06/09/2020, 11:38 WIB
Selebaran propaganda Nazi: ?Siapapun yang membawa tanda ini adalah musuh rakyat kami?. Holocaust CenterSelebaran propaganda Nazi: ?Siapapun yang membawa tanda ini adalah musuh rakyat kami?.

KOMPAS.com - Hari ini, 6 September, 79 tahun yang lalu, Nazi Jerman mengumumkan bahwa seluruh Yahudi di dunia harus mulai memakai lencana Bintang Daud atau Star of David. 

Lencana itu merupakan gabungan dua segitiga sama sisi sehingga membentuk heksagram. Rupanya, tidak hanya lencana Bintang Daud yang dipakai oleh orang Yahudi, mereka juga harus memakai pakaian khusus termasuk topi runcing.

Melansir Holocaust Center, orang Yahudi di Eropa, sudah memakai lencana Bintang Daud atau pakaian khusus setidaknya sejak abad ke-13.

Praktik itu terus berlangsung sepanjang abad pertengahan dan Renaisans tapi sebagian besar telah dihapuskan selama abad ke-17 dan 18.

Revolusi Perancis dan empansipasi Yahudi Eropa Barat di sepanjang abad 19 membuat pemakaian lencana Yahudi dihapuskan di Eropa Barat.

Baca juga: Misteri Istana Megah Kerajaan Yahudi Berusia 2.500 Tahun di Yerusalem

Mengapa lencana ini dilekatkan pada sosok Yahudi?

Nazi kembali menghidupkan praktik pemakaian lencana sebagai bagian dari penganiayaan mereka selama Holocaust.

Reinhard Heydrich, kepala Kantor Keamanan Utama Reich, adalah yang pertama kali merekomendasikan bahwa orang Yahudi harus mengenakan lencana pengenal setelah pogrom Kristallnacht pada 9 dan 10 November 1938.

Tak lama setelah invasi Polandia pada September 1939, Otoritas Jerman setempat mulai memberlakukan wajib pemakaian lencana .

Pada akhir 1939, semua orang Yahudi di wilayah Polandia yang baru dikuasai diharuskan memakai lencana tersebut.

Setelah menginvasi Uni Soviet pada 1941, Jerman kembali menerapkan persyaratan ini ke negeri yang baru ditaklukkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X