Kompas.com - 04/12/2021, 12:12 WIB
Ilustrasi sayap ayam goreng dengan saus mayones. PIXABAY/ mrpizzamandc Ilustrasi sayap ayam goreng dengan saus mayones.

KOMPAS.com - Cara menggoreng minim minyak goreng salah satunya adalah menggunakan air fryer.

Hasil menggoreng menggunakan air fryer tidak sama persis dengan teknik deep frying yang memakai banyak minyak. Namun, kerenyahan gorengan masih bisa didapatkan.

Banyak makanan yang dapat digoreng menggunakan air fryer salah satunya yaitu ayam. Simak cara menggoreng ayam pakai air fryer dari Taste of Home berikut ini.

Baca juga:

1. Menggoreng sayap ayam

ilustrasi sayap ayam pedas gurih. SHUTTERSTOCK/dyoma ilustrasi sayap ayam pedas gurih.

Sebaiknya jangan taruh sayap ayam berdempetan agar mendapatkan hasil gorengan yang lebih garing. Kamu perlu memberi ruang antar sayap ayam di dalam basket air fryer.

Masak sayap ayam  dengan suhu 177 derajat celsius selama 25 menit. Kemudian balik sayap ayam, dan naikkan suhu hingga 204 derajat celsius. Masak lagi selama 5 menit hingga bagian luar sayap ayam garing.

Baca juga: Resep Sayap Ayam Pakai Air Fryer, Hasilnya Ekstra Krispi

2. Menggoreng dada ayam

Saat menggoreng menggunakan air fryer, jangan ragu untuk mengolesi dada ayam dengan bumbu terlebih dahulu. Kamu juga bisa menggunakan air garam atau air rendaman ayam agar tekstur ayam tetap juicy.

Masak dada ayam pada suhu 177 derajat celsius selama 15 hingga 20 menit. Selama proses menggoreng, jangan lupa membalik ayam agar matang merata.

Baca juga:

3. Menggoreng paha atas

Paha ayam.Shutterstock Paha ayam.

Basket air fryer biasanya bisa memuat  enam sampai delapan paha ayam bagian atas. Hal ini tergantung apakah paha atas yang digunakan tanpa tulang atau tidak.

Kamu bisa memasak paha atas dengan suhu 182 derajat celsius. 

Jika memasak paha atas utuh dengan tulang, dibutuhkan waktu sekitar 22 hingga 25 menit. Sementara, durasi memasak paha atas filet cukup memakan waktu sekitar 15 hingga 17 menit.

Jika kamu menggoreng paha ayam beserta kulitnya, naikkan suhu hingga 204 derajat celsius ketika ayam hampir matang. Kemudian masak kembali selama lima menit agar kulit ayam menjadi garing.

4. Menggoreng paha bawah

Menggoreng paha bawah dengan air fryer punya tantangan tersendiri. Hal ini karena paha bawah punya lebih banyak urat daripada bagian ayam lainnya.

Kamu bisa memasukkan enam potong paha bawah sekaligus ke dalam air fryer. Kamu bisa menambahkan bumbu serta jeruk nipis sebelum paha digoreng untuk menambah cita rasa.

Paha ayam sebaiknya dimasak pada suhu 190 derajat celsius, masak selama 15 menit. Kemudian balik ayam, masak kembali selama 10-15 menit hingga ayam coklat keemasan dan matang.

Baca juga:

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.