Kompas.com - 02/12/2021, 19:36 WIB
ilustrasi menggoreng dengan sedikit minyak. SHUTTERSTOCK/Medvedeva Oxanailustrasi menggoreng dengan sedikit minyak.

KOMPAS.com - Menggoreng makanan tidak selalu membutuhkan banyak minyak. Kamu juga dapat menggoreng dengan minim minyak agar lebih sehat dan hemat.

Ada beberapa cara menggoreng dengan sedikit minyak. Cara menggoreng ini dapat kamu sesuaikan dengan bahan makanan yang akan dimasak.

Selengkapnya, simak delapan cara memasak minim minyak yang bisa kamu ikuti di rumah berikut ini.

Baca juga: Berapa Kali Pemakaian Minyak Goreng yang Aman?

1. Pakai teknik shallow fry

Teknik shallow fry atau pan fry dapat membantu kamu meminimalisir penggunaan minyak saat menggoreng.

Cara menggoreng dengan teknik shallow fry adalah dengan memanaskan sedikit minyak di panci atau penggorengan, lalu masukkan bahan makanan yang akan digoreng.

Bahan makanan yang digoreng dengan teknik ini tidak akan tenggelam sempurna karena penggunaan minyak yang sedikit. 

Teknik menggoreng "dangkal" atau tidak dalam ini membuat minyak hanya menutup sebagian badan bahan makanan. Pastikan untuk sering membolak-balik bahan makanan agar cepat matang.

Mengutip The Spruce Eatssuhu minyak shallow fry setidaknya harus mencapai 190 derajat celsius agar makanan matang di dalam dan luar bagian.

Baca juga: Resep Tim Telur Lembut, Cara Olah Telur Minim Minyak Goreng

2. Masak di air fryer

ilustrasi air fryer, alat menggoreng tanpa minyak. SHUTTERSTOCK/grandbrothers ilustrasi air fryer, alat menggoreng tanpa minyak.

Bukan hanya mengurangi jumlah minyak, kamu juga bisa menggoreng tanpa menggunakan minyak sama sekali jika menggunakan air fryer.

Air fryer merupakan alat menggoreng udara yang mengolah makanan secara otomatis sesuai dengan suhu dan durasi yang diatur.

Umumnya air fryer tidak membutuhkan minyak sama sekali untuk menggoreng bahan makanan, seperti kentang, ikan, ayam, dan bahan lainnya.

Namun, sebaiknya oleskan sedikit minyak jika ingin menggoreng makanan yang dilapisi tepung panir, seperti roti dan kentang agar tidak merusak air fryer.

Baca juga: 6 Camilan Minim Minyak yang Bisa Dibuat Pakai Air Fryer

3. Gunakan wajan antilengket

Memasak tanpa minyak goreng akan lebih mudah dilakukan pada panci atau wajan antilengket.UNSPLASH/LOUIS HANSEL Memasak tanpa minyak goreng akan lebih mudah dilakukan pada panci atau wajan antilengket.

Mengutip berita Kompas.com yang tayang pada Jumat (24/09/2020), menggunakan wajan antilengket bisa menjadi alternatif menggoreng minim minyak.

Wajan antilengket bisa digunakan untuk menggoreng beragam bahan makanan, mulai dari sayuran hingga daging.

Bahan antilengket pada wajan mampu membuat alat masak ini tahan terhadap bahan makanan lengket sehingga aman digunakan walau tidak menggunakan banyak minyak. 

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Teflon, Alat Masak Antilengket

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.