Kompas.com - 02/12/2021, 16:07 WIB
Tampilan Philips Air Fryer. Air fryer merupakan alat yang memasak makanan dengan menggunakan udara panas. Diklaim bisa menyajikan makanan lebih sehat karena proses memasaknya tidak perlu menggunakan minyak. KOMPAS.com/RODERICK ADRIANTampilan Philips Air Fryer. Air fryer merupakan alat yang memasak makanan dengan menggunakan udara panas. Diklaim bisa menyajikan makanan lebih sehat karena proses memasaknya tidak perlu menggunakan minyak.

KOMPAS.com - Bukan hanya menerapkan metode memasak dengan sedikit minyak, saat ini kamu juga dapat menggoreng tanpa minyak menggunakan air fryer.

Air fryer atau penggorengan udara merupakan alat yang ramai dibicarakan beberapa tahun belakangan. Alat ini bisa mengolah bahan makanan menjadi beragam sajian panggang atau goreng.

Hasil akhirnya pun menakjubkan. Gorengan yang dimasak di air fryer memiliki tekstur yang tidak jauh berbeda dengan menggoreng manual menggunakan banyak minyak.

Bagaimana sebenarnya cara kerja air fryer ini?

Melansir Taste of Homeair fryer terdiri atas dua bagian penting, yakni pemanas dan kipas.

Pemanas air fryer akan bekerja saat disambungkan ke aliran listrik dan berfungsi untuk mengalirkan udara panas ke seluruh bagian.

Pemanas air fryer kemudian dibantu oleh kipas untuk mengedarkan udara panas semakin cepat dan mematangkan bahan makanan.

Tak seperti menggoreng manual di atas kompor yang harus ditunggu hingga matang, pengguna air fryer tidak perlu repot menunggu.

Pengguna air fryer bisa meninggalkan alat menggoreng ini sesuai durasi yang sudah diatur dan membiarkan proses memasak berlangsung.

Selengkapnya, simak cara menggoreng tanpa minyak dengan air fryer berikut ini.

Baca juga:

Ilustrasi memasak dengan air fryerShutterstock Ilustrasi memasak dengan air fryer

1. Masukkan bahan makanan

Letakkan tangan kanan pada bagian atas air fryer, sementara tangan kiri memegang gagang untuk membuka keranjang.

Ambil bahan makanan yang akan digoreng, lalu susun rapi. Usahakan untuk tidak menumpuk bahan makanan agar bisa matang merata.

2. Atur durasi dan suhu

Pada bagian depan air fryer tersedia tombol sentuh yang bisa digunakan untuk mengatur durasi dan suhu memasak.

Beberapa merek air fryer menyediakan rekomendasi durasi dan suhu yang sesuai dengan bahan masakan. Jika begitu, kamu hanya perlu menekannya saja.

Namun, jika tidak ada pengaturan durasi dan suhu otomatis, kamu dapat menyesuaikan durasi dan suhu sesuai keinginan.

Baca juga:

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.