Kompas.com - 29/11/2021, 15:18 WIB
Ilustrasi kentang goreng. ShutterstockIlustrasi kentang goreng.

KOMPAS.com - Frozen french fries atau stik kentang goreng beku banyak dijual di pasaran sehingga kamu tinggal menggorengnya kalau ingin makan camilan.

Kalau kamu mempunyai air fryer, manfaatkan untuk menggoreng stik kentang beku. Selain lebih praktis, kamu bisa hemat minyak goreng daripada pakai metode deep frying.

Menurut ahli produk merek air fryer di Amerika Serikat Karen Diep seperti mengutip Insider, menggoreng pakai air fyer bikin tekstur stik kentang lebih renyah.

Selain itu, mengolah stik kentang pakai air fryer juga lebih hemat waktu daripada menggunakan oven. Durasi menggoreng hanya 1/3 dari total waktu memanggang.

Perlu diketahui bahwa bentuk stik kentang beku mempunyai durasi masak berbeda. Bentuk reguler yang seperti korek misalnya, butuh waktu matang 8-12 menit.

Sementara, stik kentang beku yang bentuknya bergelombang (crinkle-cut) harus digoreng selama 10-14 menit agar matang sempurna.

Namun, secara garis besar seperti ini cara menggoreng stik kentang beku menggunakan air fryer menurut Diep.

Baca juga:

Tampilan Philips Air Fryer. Air fryer merupakan alat yang memasak makanan dengan menggunakan udara panas. Diklaim bisa menyajikan makanan lebih sehat karena proses memasaknya tidak perlu menggunakan minyak.KOMPAS.com/RODERICK ADRIAN Tampilan Philips Air Fryer. Air fryer merupakan alat yang memasak makanan dengan menggunakan udara panas. Diklaim bisa menyajikan makanan lebih sehat karena proses memasaknya tidak perlu menggunakan minyak.

1. Panaskan air fryer

Panaskan air fryer terlebih dahulu agar french fries lebih renyah.

Sejumlah merek french fries beku disertai panduan durasi memanggang atau menggoreng. Kalau ada, panaskan air fryer sesuai suhu yang disarankan.

Sementara, kalau tidak ada panduannya, kamu dapat memanaskan air fryer sampai suhu sekitar 200 derajat celsius. Namun, suhu ini untuk menggoreng satu kemasan besar french fries.

Baca juga:

Ilustrasi kentang goreng beku (frozen french fries). SHUTTERSTOCK/CQ PHOTO JUY Ilustrasi kentang goreng beku (frozen french fries).

2. Tidak usah cairkan kentang

Menurut Diep, kamu tidak perlu mencairkan atau meletakkan french fries beku di suhu ruang. Pasalnya, kentang bisa lembek kalau dicairkan terlebih dahulu.

Keluarkan kentang dari freezer sesaat sebelum digoreng.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Insider
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.