Kompas.com - 03/12/2021, 20:03 WIB
ilustrasi jajan pasar. SHUTTERSTOCK/VICTOR ASilustrasi jajan pasar.
Penulis Lea Lyliana
|

KOMPAS.com - Indonesia memiliki banyak kuliner khas yang menarik untuk dicoba. Termasuk kue tradisionalnya. 

Kue tradisional Indonesia ada banyak macam. Jika dilihat dari rasanya, kue tradisional terbagi dalam jajanan gurih dan manis. 

Baca juga:

Melalui telepon, Murdijati Gardjito atau akrab disapa Bu Mur, guru besar Ilmu dan Teknologi Pangan Universitas Gajah Mada kepada Kompas.com menjelaskan bahwa pada dasarnya bahan pembuatan kue tradisonal Indonesia, khususnya Jawa sebetulnya hanya memakai empat bahan.

ilustrasi beragam jajan pasar. SHUTTERSTOCK/aprison ilustrasi beragam jajan pasar.

Bahan tersebut yaitu beras atau tepung beras, ketan atau tepung ketan, kelapa, dan gula kelapa.

"Jadi, pada kelompok masyarakat Jawa atau etnis Jawa itu bahan pangan yang paling berperan sebagai makanan itu ada empat sebetulnya. Pertama itu beras atau tepung beras, ketan atau tepung ketan, kemudian kelapa, dan gula kelapa," jelas Mur kepada Kompas.com, Rabu (01/12/2021). 

Meski dikreasikan dengan banyak rasa, isian, maupun pelengkap bahan utama kue tradisional Indonesia tetap menggunakan salah dua atau tiga dari empat bahan tersebut. 

"Jadi semua itu hanya berputar di situ, dengan berbagai cara. Tapi pasti ada salah tiga atau salah dua dari empat itu pasti ada dalam makanan Jawa," tambah Mur. 

Baca juga:

Seiring berjalannya waktu mulai muncul beberapa kue yang memakai terigu sebagai bahannya.

Hal ini mulai berlangsung setelah PT Bogasari Flour Mills mulai memproduksi terigu sekitar Mei 1969, seperti dilansir dari Bogasari.com.

Saat itu PT Bogasari Flour Mills dibantu oleh Badan Urusan Logistik atau BULOG yang bertindak sebagai importir gandum dan distributor tepung terigu di Indonesia. 

ilustrasi tepung terigu. SHUTTERSTOCK/Africa Studio ilustrasi tepung terigu.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Bogasari
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.