Kompas.com - 03/12/2021, 19:06 WIB
Ilustrasi makanan untuk hantaran atau seserahan pernikahan. SHUTTERSTOCK/ alfian bhatokIlustrasi makanan untuk hantaran atau seserahan pernikahan.
Penulis Lea Lyliana
|

KOMPAS.com - Hantaran pernikahan Jawa tidak hanya kebutuhan wanita, tapi ada pula aneka makanan. Umumnya makanan yang digunakan untuk hantaran adalah kue tradisional dan buah-buahan. 

Murdijati Gardjito atau akrab disapa Bu Mur, guru besar Ilmu dan Teknologi Pangan Universitas Gajah Mada kepada Kompas.com mengatakan bahwa makanan untuk hantaran pernikahan haruslah kudapan yang manis dan lengket. 

Sebab dua hal tersebut merupakan perwujudan atas harapan pernikahan yang bahagia dan pasangan yang selalu lekat. 

"Dua kata kunci dalam makanan hantaran itu pasti lekat dan pasti manis," kata Mur kepada Kompas.com, Rabu (01/12/2021).

Baca juga:

Jika merujuk pada hal tersebut, maka wajar apabila kue tradisional untuk hantaran umumnya terbuat dari beras ketan atau tepung ketan.  

Mur menyebut setidaknya ada empat makanan yang wajib dibawa untuk hantaran yaitu wajik coklat, jenang, jadah, dan pisang raja.

Ilustrasi jadah dan wajik untuk hantaran pernikahan. SHUTTERSTOCK/ M. Rinandar Tasya Ilustrasi jadah dan wajik untuk hantaran pernikahan.

Di luar daripada itu, ada pula kudapan yang tak boleh dibawa untuk hantaran pernikahan, yaitu makanan bercita rasa pahit dan asam.

"Kalau pantang ha yang rasanya pahit sama asam," ungkap Mur.

Baca juga:

 

Menutur penjelasan ringkas dari Mur, dua rasa ini bertentangan dengan filosofi makanan hantaran yang manis dan lengket. Itulah sebabnya kamu tak boleh membawanya untuk hantaran. 

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.