Kompas.com - 03/12/2021, 22:08 WIB
Ilustrasi gapura Gubuk Tiwul di Kampoeng Loempang Kenteng, Klaten Jawa Tengah. Dok. Kampoeng Loempang KentengIlustrasi gapura Gubuk Tiwul di Kampoeng Loempang Kenteng, Klaten Jawa Tengah.
Penulis Lea Lyliana
|

KOMPAS.com - Tiwul adalah makanan khas Jawa yang terbuat dari singkong. Di Klaten Jawa Tengah, ada kampung wisata yang menyajikan beragam olahan tiwul.

Nama tempatnya yaitu Gubuk Tiwul Kampoeng Loempang. Lokasi kampung ini berada dalam kawasan Desa Wisata Angkringan Ngerangan.

Baca juga:

Lantas, seperti apa Gubuk Tiwul Kampoeng Loempang? Berikut uraiannya. 

Pemberdayaan warga setempat

Gunadi S.Pd.I atau akrab disapa Gugun, founder Desa Wisata Angkringan Ngerangan Bayat Klaten sekaligus inisiator gubug tiwul mengungkap bahwa Gubuk Tiwul ini merupakan pemberdayaan penduduk setempat.

Mulai dari tempat, pembangunan guduk, hingga alat masak bersumber dari warga. 

"Tempatnya enggak sewa, bambunya enggak beli, atapnya nyari, nah paku dan alat lainnya ini sedekah dari warga," terang Gugun kepada Kompas.com, Kamis (25/11/2021).

Tak hanya itu, bahkan modal awalnya juga merupakan iuran dari warga Kampung Lumpang.

"Waktu itu modalnya iuran dari masyarakat, waktu itu 17 orang berkumpul iuran seikhlasnya, dapat uang 320 ribu waktu itu," tambahnya.

Ilustrasi tiwul. SHUTTERSTOCK/ Sutana4 Ilustrasi tiwul.

Sebelum bersama-sama membangun kampung wisata, warga di Kampung Lumpang lebih dulu menjual tiwul secara daring. Tak disangka omset per harinya bisa mencapai Rp 1.600.000 .

"Semua warga yang mau saya minta untuk upload bahwa kita melayani pembelian tiwul via online. Alhamdulillah di masa pandemi kemarin penjualan hari pertama itu setelah order-order itu sampai omset 1,6 juta sehari itu," kata Gugun. 

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.