Kompas.com - 27/09/2021, 11:37 WIB
ilustrasi getuk magelang, salah satu jajan pasar beragam warna. SHUTTERSTOCK/Ariyani Tedjoilustrasi getuk magelang, salah satu jajan pasar beragam warna.

KOMPAS.com - Banyak jajan pasar yang dikenal cepat basi sehingga tidak bisa disimpan selama lebih dari satu hari.

Namun jajan pasar manis dan gurih masih bisa disimpan beberapa hari ke depan, nahkan aman untuk dibawa ke luar negeri. Asalkan memang disimpan dengan cara benar.

Education and Development Indonesia Pastry Alliance, Chef Woro Prabandari menyampaikan empat cara menyimpan jajan pasar untuk tiga hingga empat hari ke depan berikut ini.

Baca juga:

1. Pisahkan menurut jenisnya

Ada dua jenis jajan pasar yang disampaikan oleh Woro dalam webinar "Jajan Pasar Inovatif dan Yummy", Rabu (22/9/2021), yaitu jajan pasar manis dan gurih.

"Sebaiknya memang yang asin dan manis itu dipisah sehingga tidak bercampur karena kan memang yang asin (gurih) itu banyak gorengan," kata Woro.

Jika jajan pasar manis dan jajan pasar asin tidak dipisah, jajan pasar manis bisa menempel pada jajan pasar yang asin, seperti tekstur olahan tepung ketan yang lengket.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga:

2. Bungkus dengan plastik

 ilustrasi jajan pasar yang sudah dikemas rapi.SHUTTERSTOCK/Bakhtiar Rakhman ilustrasi jajan pasar yang sudah dikemas rapi.

Jajan pasar yang ingin disajikan bersamaan dan disimpan dalam satu wadah, sebaiknya masing-masing dikemas menggunakan plastik terlebih dahulu.

Hal itu untuk menghindari rasa jajan pasar yang akan bercampur. Baik jajan pasar manis menjadi asin ataupun sebaliknya.

"Jadi, memang sebaiknya dibungkus individual jadi memang sekalipun ditampah itu akan dicampur, itu tidak bercampur rasanya," kata Woro.

Baca juga: Resep Timus Singkong Kukus, Jajan Pasar Manis Pakai Gula Merah

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.