Kompas.com - 23/09/2021, 20:25 WIB
ilustrasi jajan pasar. SHUTTERSTOCK/Ariyani Tedjoilustrasi jajan pasar.

KOMPAS.com - Jajan pasar khas Nusantara umum dikenal sebagai camilan tradisional yang banyak dijual di pasar atau wilayah perkampungan.

Seiring berkembangnya zaman, beberapa jajan pasar dibuat dalam bentuk lebih menarik serta inovatif dan banyak disajikan di restoran dan hotel di Indonesia.

Education and Development Indonesia Pastry Alliance, Chef Woro Prabandari mengatakan, jajan pasar bisa dikembangkan menjadi lebih baik tanpa menghilangkan keasliannya.

"Developing itu sebenarnya tidak hanya saja pada jajanan pasar tetapi juga produk lain. Kalau jajan pasar, developing yang kita lakukan adalah tidak mengindahkan dari originalitas makanan tersebut," ungkap Woro dalam webinar "Jajan Pasar Inovatif dan Yummy", Rabu (22/9/2021).

Woro mengatakan, ada empat cara membuat jajan pasar lebih menarik tanpa menghilangkan keasliannya, seperti berikut ini.

Baca juga:

1. Ubah ukuran

Cara membuat jajan pasar lebih menarik adalah dengan mengubah ukurannya menjadi lebih kecil.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Dahulunya jajan pasar itu memang potongannya besar dan mungkin sekarang orang banyak mengurangi manis. Untuk itu, kita juga perlu menciptakan ukuran-ukuran kecil yang sekiranya habis sekali makan," kata Woro.

Ukuran kecil yang disarankan oleh Woro adalah one bit size atau jajan pasar berukuran satu kali makan.

"Membentuknya secara inovatif dengan one bit size. Jadi, kita berikan size kecil sekali, biasanya kita pergunakan di cocktail sehingga satu kali makan dan finisih jadi tidak bersisa," pungkas Woro.

Baca juga: 15 Resep Jajan Pasar Pakai Kelapa Parut, Ada Cenil

2. Ubah warna

ilustrasi jajan pasar dadar gulung warna-warni.SHUTTERSTOCK/aprison ilustrasi jajan pasar dadar gulung warna-warni.

Selanjutnya, jajan pasar bisa dibuat lebih menarik dan inovatif dengan mengubah warna awalnya.

"Biasanya onde-onde warnanya hanya golden brown, kita bisa bentuk lebih kecil dan warna yang kita berikan adalah warna-warni," tutur Woro.

Jika ingin membuat jajan pasar dengan beragam variasi warna, Woro menyarankan, sebaiknya menggunakan pewarna alami, seperti daun suji, bunga telang, dan buah bit.

Namun, jangan terlalu banyak menggunakan pewarna alami jajan pasar.

"Jangan sampai penggunaan pewarna makanan itu tidak membuat makanan menjadi lebih cantik tetapi kalau orang melihat warna itu terlalu over, orang akan berpikir apakah makanan tersebut menggunakan pewarna alami atau tidak," jelas Woro.

Baca juga: 4 Bahan Pengganti Santan untuk Bikin Jajan Pasar

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.