Kompas.com - 21/05/2022, 18:00 WIB


KOMPAS.com - Beberapa orang mungkin belum mengetahui bahwa bintang, yang merupakan bagian dari rahasia alam semesta memiliki warna berbeda-beda. Di mata manusia selama ini warna bintang seperti putih, kuning atau merah, dan ternyata tidak ada bintang berwarna hijau dan ungu. 

Bintang adalah sekelompok benda langit yang berkilau dengan memantulkan cahaya berwarna-warni. Ada bintang berwarna biru yang bersinar di sabuk konstelasi Orion.

Selanjutnya bintang berwarna kuning seperti Matahari yang mendukung kehidupan di Bumi. Namun, di antara semua warna tersebut tidak ada bintang yang tampak berwarna hijau maupun ungu.

Lantas, kenapa tidak ada bintang berwarna hijau dan ungu?

Warna bintang menurut penjelasan sains, meskipun Anda dapat melihat banyak warna bintang di langit malam, bintang warna hijau dan ungu tidak terlihat karena cara kita melihat cahaya tampak.

Baca juga: Warna Bintang Tak Hanya Putih, Apa yang Membuat Warnanya Berbeda-beda?

Tidak ada bintang warna hijau dan ungu, dilansir dari Live Science, Sabtu (30/3/2013) sains menjelaskan bahwa warna pada bintang erat kaitannya dengan suhu di permukaan.

Semakin panas suhu di permukaan bintang, maka semakin pendek panjang gelombang cahaya yang dipancarkannya.

Ketika suhu bintang bertambah panas, energi radiasi keseluruhan meningkat dan puncak kurva bergerak ke panjang gelombang yang lebih pendek.

Kemudian, saat suhu bintang lebih panas cahaya yang dipancarkan pun akan menjauh untuk menuju titik spektrum biru.

Permukaan dengan suhu terpanas memiliki warna biru atau kombinasi warna biru dan putih, panjang gelombang cahayanya lebih pendek, dan membentuk warna bintang tampak biru.

Baca juga: Mengapa Bintang Berkelap-kelip di Langit Malam?

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.