Pemimpin ISIS di Afrika yang Dibunuh Perancis Kepalanya Dihargai Rp 71,2 Miliar

Kompas.com - 17/09/2021, 11:18 WIB

PARIS, KOMPAS.com - Perancis mengumumkan berhasil membunuh pemimpin Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) yang beroperasi di Afrika.

Adnan Abu Walid al-Sahrawi, pemimpin ISIS di Sahara Besar, kepalanya dihargai 5 juta dollar AS (Rp 71,2 miliar) karena membunuh pasukan khusus AS.

Kematiannya terjadi empat tahun setelah dia memerintahkan penyergapan di Niger, yang membunuh empat tentara AS dan melukai puluhan lainnya.

Baca juga: Pemimpin ISIS di Sahara Terbunuh dalam Operasi Militer Perancis

Pada Kamis pagi waktu setempat (16/9/2021), Presiden Perancis Emmanuel Macron mengonfirmasi al-Sahrawi, dikenal juga sebagai Lehbib Ould, tewas.

"Adnan Abu Walid al-Sahrawi, pemimpin grup teroris ISIS di Sahara Besar, telah dinetralkan pasukan Perancis," kata Macron di Twitter.

Macron memuji tewasnya al-Sahrawi merupakan kesuksesan mereka dalam menerapkan operasi melawan kelompok teroris di Sahel.

Menteri Pertahanan Florence Parly kepada radio RFI menerangkan, mereka membunuh al-Sahrawi melalui operasi militer Barkhane "beberapa pekan lalu".

Dilansir CNN, al-Sahrawi terbunuh ketika serangan udara "Negeri Anggur" menghantamnya saat menaiki sepeda motor.

Parly menjelaskan, serangan tersebut terjadi antara 17-22 Agustus. Dikutip AP, mereka butuh waktu untuk mengonfirmasi identitasnya sebelum membuat pernyataan.

Baca juga: ISIS Vs Taliban: Sejumlah Fakta dan Perbedaan Ideologi

Pada Oktober 2019, Kementerian Luar Negeri AS menawarkan hadiah 5 juta dollar bagi siapa pun yang bisa memberikan informasi mengenai al-Sahrawi.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.