Pemilu Kanada 2021: Profil Erin O'Toole, Pemula yang Berpeluang Kalahkan PM Justin Trudeau

Kompas.com - 17/09/2021, 08:59 WIB
Pemimpin Partai Konservatif, Erin O'Toole, saat berbicara dalam debat pemilu Kanada menggunakan bahasa Perancis di Gatineau, Quebec, Rabu (8/9/2021). THE CANADIAN PRESS/JUSTIN TANG via APPemimpin Partai Konservatif, Erin O'Toole, saat berbicara dalam debat pemilu Kanada menggunakan bahasa Perancis di Gatineau, Quebec, Rabu (8/9/2021).

MONTREAL, KOMPAS.com - Pemilu Kanada kali ini mencuatkan satu nama pemula yang berpeluang mengalahkan Perdana Menteri Justin Trudeau, yakni Erin O'Toole.

Dalam pemilu Kanada 2021, Erin O'Toole maju sebagai pemimpin Partai Konservatif dan menempel ketat Partai Liberal pimpinan Justin Trudeau.

Menurut survei pemilu Kanada yang dihimpun AFP, dua partai besar yang memerintah Kanada sejak konfederasinya pada 1867 itu berada dalam situasi statistik yang panas.

Baca juga: Pemilu Kanada, PM Justin Trudeau Terancam Kalah dari Pemula

Masing-masing mengumpulkan dukungan dari 32 persen responden pemilu Kanada, sementara Partai Demokrat Baru yang berhaluan kiri tertinggal jauh di belakang.

Jika angkanya tak berubah, situasi pemilu Kanada 2019 dapat terulang di mana partai raksasa Trudeau yang dulunya perkasa direduksi menjadi pemerintahan minoritas.

Siapa Erin O'Toole?

Beberapa hari sebelum Justin Trudeau menyerukan pemilu Kanada, Erin O'Toole berkata, dia tidak menginginkannya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kanada saat itu sedang memasuki gelombang keempat Covid-19.

"Sekarang bukan waktunya untuk pemilu Kanada," katanya. "Kita semua bisa menunggu dan ke tempat pemungutan suara ketika sudah aman."

Profil Erin O'Toole secara luas tidak dikenal Kanada, tapi sekarang, hanya beberapa hari jelang pemilu Kanada 20 September, pria 48 tahun itu menempel ketat Justin Trudeau sebagai perdana menteri berikutnya.

Halaman:

Video Pilihan

Sumber BBC,AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.