71 Persen Populasi China Sudah Divaksinasi Covid-19 Dosis Penuh

Kompas.com - 17/09/2021, 09:34 WIB
Warga mengantre untuk tes Covid-19 di dekat spanduk bertuliskan Epidemic is the Order di Wuhan di provinsi Hubei, China tengah, Selasa, 3 Agustus 2021. CHINATOPIX via APWarga mengantre untuk tes Covid-19 di dekat spanduk bertuliskan Epidemic is the Order di Wuhan di provinsi Hubei, China tengah, Selasa, 3 Agustus 2021.

BEIJING, KOMPAS.com – China telah memberikan vaksin Covid-19 dosis penuh kepada lebih dari satu miliar orang, atau sekitar 71 persen populasinya.

Juru Bicara Komisi Kesehatan Nasional Mi Feng mengatakan pada Kamis (16/9/2021) bahwa 2,16 miliar dosis vaksin Covid-19 telah diberikan secara nasional.

Sebelumnya, pada akhir bulan lalu, Otoritas kesehatan China menyampaikan bahwa 890 juta orang di China telah diberi dua dosis vaksin Covid-19.

Baca juga: Indonesia Adakan Pembicaraan dengan WHO untuk Jadi Pusat Vaksin Global

Di sisi lain, pemerintah China belum mengumumkan secara terbuka target cakupan vaksinasi sebagaimana dilansir France24.

Tetapi bulan lalu, ahli virologi terkemuka Zhong Nanshan mengatakan bahwa “Negeri Panda” kemungkinan dapat memvaksinasi 80 persen populasinya pada akhir tahun.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Saat ini, China tengah menghadapi varian Delta yang merebak di provinsi Fujian.

Sejauh ini, varian Delta telah menginfeksi hampir 200 orang di tiga kota di provinsi Fujian, puluhan di antaranya adalah anak sekolah.

Baca juga: Perlindungan Vaksin Moderna Menurun Seiring Berjalannya Waktu, Sinyal Butuh Booster

Merebaknya kasus Covid-19 varian Delta di Fujian adalah peningkatan terbesar dalam beberapa pekan terakhir dan terjadi setelah China menyatakan varian Delta terkendali.

Pada Kamis, China melaporkan 49 transmisi domestik terbaru pada Kamis, sebagian besarnya berasal dari Fujian.

Meskipun menggalakkan kampanye vaksinasi Covid-19 dan menyuntik anak di bawah umur berusia 12-17 sejak Juli, sebagian besar anak-anak di China masih belum divaksinasi.

Kondisi tersebut memicu kekhawatiran bahwa Covid-19 di Fujian dapat menyerang orang-orang yang paling rentan di negara itu secara tidak proporsional.

Baca juga: Isoman Setelah Orang Dekatnya Kena Covid-19, Putin Berharap Vaksin Sputnik V Ampuh

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!


Video Pilihan

Sumber France24
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.