Surat Wasiat Pangeran Philip Dirahasiakan Selama 90 Tahun, Ini Sebabnya...

Kompas.com - 17/09/2021, 09:53 WIB
Foto Pangeran Philip saat masih muda dengan mengenakan seragam militer. TWITTER @RoyalFamilyFoto Pangeran Philip saat masih muda dengan mengenakan seragam militer.

LONDON, KOMPAS.com - Surat wasiat Pangeran Philip akan dirahasiakan selama setidaknya 90 tahun untuk melindungi martabat dan kedudukan Ratu, demikian keputusan Pengadilan Tinggi Inggris pada Kamis (16/9/2021).

Sudah menjadi konvensi selama lebih dari satu abad, bahwa setelah kematian seorang anggota senior Keluarga Kerajaan, pengadilan diminta untuk menyegel surat wasiatnya.

Artinya, tidak seperti kebanyakan surat wasiat lainnya, surat wasiat anggota senior Keluarga Kerajaan tidak akan terbuka untuk pemeriksaan publik.

Baca juga: Terungkap Warisan Pangeran Philip untuk Salah Satu Cucunya

BBC pada Jumat (17/9/2021) melaporkan, akan ada proses privat dalam 90 tahun untuk memutuskan apakah surat wasiat Pangeran Philip bisa dibuka.

Sidang permohonan untuk menyegel surat wasiat Pangeran Philip juga diadakan secara tertutup pada Juli oleh Sir Andrew McFarlane, hakim paling senior di pengadilan keluarga Kerajaan Inggris.

Sir Andrew berkata, sebagai presiden Divisi Keluarga Pengadilan Tinggi, dia adalah penjaga brankas yang berisi lebih dari 30 amplop, masing-masing berisi surat wasiat dari anggota Keluarga Kerajaan yang sudah meninggal.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kemudian, untuk pertama kalinya dalam lebih dari 100 tahun, dia menetapkan proses surat wasiat mana yang bisa dipublikasikan.

"Ada kebutuhan untuk meningkatkan perlindungan yang diberikan pada aspek-aspek yang benar-benar pribadi dari kehidupan kelompok individu yang terbatas ini, untuk menjaga martabat Yang Berdaulat dan anggota keluarganya yang dekat," terang Sir Andrew.

Baca juga: Pangeran Philip Setia Memakai Sepatu Pernikahan Selama 74 Tahun

Hakim mengatakan, dia tidak melihat surat wasiat Pangeran Philip atau diberitahu apa pun tentang isinya, selain tanggal dibuatnya dan identitas pelaksana yang ditunjuk.

Merinci sejarah keputusan sebelumnya, Sir Andrew mengatakan anggota keluarga pertama yang wasiatnya disegel oleh pengadilan adalah milik Pangeran Francis dari Teck, adik Ratu Mary, yang meninggal pada 1910.

Sir Andrew memaparkan, setelah 90 tahun setiap surat wasiat kerajaan akan dibuka dan diperiksa oleh pengacara pribadi raja, penjaga Arsip Kerajaan, jaksa agung, dan perwakilan pribadi dari orang meninggal yang mungkin masih ada.

Mereka akan memutuskan apakah surat wasiat tersebut dapat dipublikasikan, tetapi Sir Andrew mengatakan beberapa wasiat kerajaan mungkin tidak akan pernah diungkap ke publik, meski hanya sebagian.

Baca juga: Pangeran Philip Meninggal, Suku di Vanuatu Bingung Pilih Dewa Pengganti

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber BBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.