Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jika Pasukan Perancis Dikirim ke Ukraina, Rusia Anggap Sasaran Sah

Kompas.com - 08/05/2024, 17:03 WIB
Albertus Adit

Penulis

Sumber Reuters

MOSKWA, KOMPAS.com - Rusia memperingatkan Perancis jika Presiden Emmanuel Macron mengirim pasukannya ke Ukraina, maka mereka akan dianggap sebagai sasaran sah oleh militer Rusia.

Macron menimbulkan kontroversi pada Februari dengan mengatakan dia tidak bisa mengesampingkan pengerahan pasukan darat di Ukraina di masa depan.

Pemimpin Perancis tersebut memperingatkan bahwa jika Rusia menang di Ukraina maka kredibilitas Eropa akan berkurang hingga nol.

Baca juga: Meski Perundingan Berlangsung, Israel Tetap Serang Jalur Gaza

"Merupakan ciri khas bahwa Macron sendiri menjelaskan retorika ini dengan keinginan untuk menciptakan ketidakpastian strategis bagi Rusia," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova kepada wartawan, dikutip dari Reuters pada Rabu (8/5/2024).

Maka dari itu, militer Rusia akan menyerang pasukan Perancis jika memang dikirim ke Ukraina.

"Jika Perancis muncul di zona konflik, mereka pasti akan menjadi sasaran angkatan bersenjata Rusia. Bagi saya, Paris sudah punya buktinya," jelas dia.

Zakharova mengatakan Rusia sudah melihat semakin banyak warga negara Perancis yang tewas di Ukraina.

Baca juga: 59 dari 76 Drone-Rudal Rusia Berhasil Dijatuhkan Ukraina

Rusia mengatakan pada hari Senin bahwa pihaknya akan mempraktikkan penempatan senjata nuklir taktis sebagai bagian dari latihan militer setelah apa yang dikatakan Moskwa sebagai ancaman dari Perancis, Inggris dan Amerika Serikat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com