Seminggu Jelang Pilpres AS, Joe Biden Favorit Kuat Kalahkan Trump

Kompas.com - 27/10/2020, 13:48 WIB
Calon Presiden Partai Demokrat yang juga mantan Wakil Presiden Amerika Serikat Joe Biden  AFP/ROBERTO SCHMIDTCalon Presiden Partai Demokrat yang juga mantan Wakil Presiden Amerika Serikat Joe Biden

ATLANTA, KOMPAS.com – Calon presiden (capres) Partai Demokrat Joe Biden difavoritkan kuat akan mengalahkan petahana Republik Donald Trump, seminggu menjelang hari pemungutan suara pada 3 November.

Rekapitulasi survei Kompas.com dalam seminggu terakhir menunjukan tidak adanya pergeseran signifikan angka jajak pendapat. Biden konsisten unggul meyakinkan di survei nasional dan survei swing states.

Biden kokoh di Trio Rust Belt

Tiga negara bagian Rust Belt yaitu Pennsylvania, Wisconsin, dan Michigan terus menjadi bahan sorotan oleh lembaga survei atau pollsters. Kunci kemenangan pilpres 2020 ada di trio negara bagian industrial yang secara mengejutkan dimenangkan Trump pada pilpres 2016. 

Baca juga: Rangkul Generasi Z, Pejabat AS Kampanye Pilpres Pakai Game Among Us

Sama seperti minggu-minggu sebelumnya, Biden tidak tergoyahkan memimpin di negara bagian yang didominasi pemilih kulit putih berkerah biru itu.

Rataan survei oleh The New York Times memperlihatkan jarak keunggulan yang nyaman bagi Biden

Di Michigan, mantan Wakil Presiden AS itu memimpin dengan rataan 9 poin, sedangkan di Wisconsin dan Pennsylvania masing-masing 7 dan 6 poin.

Trump masih dapat menang jika lembaga survei melakukan kesalahan di mana terjadi polling error berskala besar yang salah menghitung atau meremehkan jumlah pendukung Trump.

Namun sejauh ini bahkan jika polling error menimpa Biden, dia masih akan memenangkan trio Rust Belt dengan rentang 5 poin di Michigan dan sangat tipis 1 poin di Wisconsin dan Pennsylvania.

Kemenangan ini ditambah dengan seluruh negara bagian yang dimenangkan Hillary Clinton pada pilpres 2016, akan memberikan suami Jill Biden itu 278 electoral votes, lebih dari minimal 270 yang diperlukan.

Baca juga: China Berharap Adanya Perubahan jika Biden Menang Pilpres AS

Pennsylvania khususnya adalah yang paling krusial. Tanpa Pennsylvania, jalan Trump untuk kembali terpilih hampir mustahil. 

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X