Pilpres AS 2020, Ini 9 Negara Bagian yang Bakal Jadi Kunci Kemenangan

Kompas.com - 19/10/2020, 14:55 WIB
Kombinasi foto mantan Wakil Presiden Amerika Serikat Joe Biden (kiri), dan Presiden Donald Trump. Saat ini, Trump menghadapi pemakzulan karena meminta Ukraina untuk menyelidiki kasus yang menjerat putra Biden, Hunter. Biden adalah calon penantang terkuatnya dalam Pilpres AS 2020. AFP/ROBYN BECK, SAUL LOEBKombinasi foto mantan Wakil Presiden Amerika Serikat Joe Biden (kiri), dan Presiden Donald Trump. Saat ini, Trump menghadapi pemakzulan karena meminta Ukraina untuk menyelidiki kasus yang menjerat putra Biden, Hunter. Biden adalah calon penantang terkuatnya dalam Pilpres AS 2020.

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Hasil akhir pemilihan presiden Amerika Serikat ( AS) pada 3 November dapat mengerucut ke 9 negara bagian, yang akan sangat menentukan siapa pemenang antara Joe Biden dan Donald Trump.

Pada pilpres 2016 Trump menggenggam kemenangan 6 negara bagian krusial yakni Florida, Pennsylvania, Michigan, North Carolina, Wisconsin, dan Arizona.

Akan tetapi di polling kali ini petahana dari Partai Republik itu tertinggal di 6 negara bagian tersebut, meski hanya dengan margin yang tipis di beberapa di antaranya.

Baca juga: Biden Unggul Jauh dari Trump di Polling, Jaminan Menang Pilpres AS?

Trump juga kalah tipis di tiga negara bagian lain yang dimenangkannya pada 2016, yaitu Georgia, Iowa, dan Ohio, menurut rata-rata polling dari RealClearPolitics (RCP).

Dilansir dari AFP Senin (19/10/2020), berikut adalah 9 negara bagian yang bakal jadi kunci untuk memenangkan pilpres AS 2020.

1. Pennsylvania

Negara bagian kelahiran Joe Biden ini memiliki peran terbesar di Rust Belt, wilayah utara-tengah yang sektor industrinya menurun dalam beberapa puluh tahun belakangan.

Relawan Trump coba menggaet hati pemilih di negara bagian ini dengan menyisir pinggiran kota dari pintu ke pintu.

Sementara itu di sisi Demokrat, mantan presiden Barack Obama akan tampil untuk pertama kalinya dalam kampanye pada Rabu (21/10/2020) di Philadelphia untuk Joe Biden, eks wapresnya.

Baca juga: Jika Kalah Pilpres, Trump: Mungkin Saya Harus Meninggalkan Negara Ini

Kota-kota besar di Pennsylvania diyakini akan memilih Biden, sedangkan daerah pedesaan di barat dan pusat yang konservatif dipercaya telah menjatuhkan pilihan ke Trump. Kemudian area pinggiran kotanya dan di wilayah timur laut akan sangat krusial.

Polling rata-rata RCP: Biden memimpin dengan 5,6 poin persentase.

Halaman:

Sumber AFP
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X