Amy Coney Barrett Jadi Hakim Agung, Trump: Ini Hari Penting bagi AS

Kompas.com - 27/10/2020, 12:43 WIB
Hakim Amy Coney Barrett berbicara setelah Presiden Donald Trump mengumumkannya sebagai calon di Mahkamah Agung, di Rose Garden di Gedung Putih, Sabtu, 26 September 2020, di Washington. AP/Alex BrandonHakim Amy Coney Barrett berbicara setelah Presiden Donald Trump mengumumkannya sebagai calon di Mahkamah Agung, di Rose Garden di Gedung Putih, Sabtu, 26 September 2020, di Washington.

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Senat Amerika Serikat ( AS) telah mengonfirmasi Amy Coney Barrett menjadi hakim di Mahkamah Agung AS pada Senin (26/10/2020) malam waktu setempat.

Barrett resmi menjadi Hakim Agung melalui hasil voting yang digelar Senat AS. Dari hasil voting tersebut sebanyak 52 suara mendukung Barrett sedangkan 48 suara menolaknya.

Sebelumnya, dia dicalonkan oleh Presiden AS Donald Trump menjadi Hakim Agung menggantikan Ruth Bader Ginsburg yang meniggal September lalu.

Baca juga: Setia pada Konstitusi dan Taat Beragama, Ini Alasan Trump Pilih Amy Coney Barrett Jadi Hakim Agung AS

Wanita berusia 48 tahun tersebut langsung mengambil sumpah jabatan di Gedung Putih dan ditemani Trump sebagaimana dilansir dari BBC.

Pengangkatan Barrett menjadi Hakim Agung juga tak terlepas dari jumlah anggota Senat AS yang dikuasai oleh Partai Republik dengan 53 kursi dari 100 kursi.

Hanya satu senator Partai Republik yang menentang pengangkatan Barrett menjadi Hakim Agung yakni Senator Susan Collins.

Dengan pengangkatan Barret jadi hakim di Mahkamah Agung, kini enam dari sembilan hakim di badan peradilan AS tersebut diisi oleh hakim beraliran konservatif.

Baca juga: Dicalonkan Trump Jadi Hakim Agung, Siapa Amy Coney Barrett?

Apa yang terjadi di Gedung Putih?

Trump, yang baru saja kembali dari kampanye di Pennsylvania, memimpin upacara pelantikan Barrett pada Senin malam.

"Ini adalah hari penting bagi AS, untuk konstitusi AS, dan untuk aturan hukum yang adil dan tidak memihak," kata Trump.

Dia menambahkan bahwa Barrett merupakan salah satu sarjana hukum yang paling brilian di AS.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Sumber BBC
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X