Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilpres AS 2020, Ini 9 Negara Bagian yang Bakal Jadi Kunci Kemenangan

Kompas.com - 19/10/2020, 14:55 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Hasil akhir pemilihan presiden Amerika Serikat (AS) pada 3 November dapat mengerucut ke 9 negara bagian, yang akan sangat menentukan siapa pemenang antara Joe Biden dan Donald Trump.

Pada pilpres 2016 Trump menggenggam kemenangan 6 negara bagian krusial yakni Florida, Pennsylvania, Michigan, North Carolina, Wisconsin, dan Arizona.

Akan tetapi di polling kali ini petahana dari Partai Republik itu tertinggal di 6 negara bagian tersebut, meski hanya dengan margin yang tipis di beberapa di antaranya.

Baca juga: Biden Unggul Jauh dari Trump di Polling, Jaminan Menang Pilpres AS?

Trump juga kalah tipis di tiga negara bagian lain yang dimenangkannya pada 2016, yaitu Georgia, Iowa, dan Ohio, menurut rata-rata polling dari RealClearPolitics (RCP).

Dilansir dari AFP Senin (19/10/2020), berikut adalah 9 negara bagian yang bakal jadi kunci untuk memenangkan pilpres AS 2020.

1. Pennsylvania

Negara bagian kelahiran Joe Biden ini memiliki peran terbesar di Rust Belt, wilayah utara-tengah yang sektor industrinya menurun dalam beberapa puluh tahun belakangan.

Relawan Trump coba menggaet hati pemilih di negara bagian ini dengan menyisir pinggiran kota dari pintu ke pintu.

Sementara itu di sisi Demokrat, mantan presiden Barack Obama akan tampil untuk pertama kalinya dalam kampanye pada Rabu (21/10/2020) di Philadelphia untuk Joe Biden, eks wapresnya.

Baca juga: Jika Kalah Pilpres, Trump: Mungkin Saya Harus Meninggalkan Negara Ini

Kota-kota besar di Pennsylvania diyakini akan memilih Biden, sedangkan daerah pedesaan di barat dan pusat yang konservatif dipercaya telah menjatuhkan pilihan ke Trump. Kemudian area pinggiran kotanya dan di wilayah timur laut akan sangat krusial.

Polling rata-rata RCP: Biden memimpin dengan 5,6 poin persentase.

2. Michigan

Michigan dimenangkan tipis oleh Trump pada 2016 dan diperebutkan dengan sengit tahun ini.

Trump sudah berkunjung ke negara bagian di Great Lakes ini untuk meyakinkan para calon pemilih lagi, tetapi mereka khawatir tentang dampak virus corona pada perekonomian dan tanggapan sang presiden.

Gubernur Gretchen Whitmer yang berasal dari Demokrat berulang kali silang pendapat dengan Trump, dan lockdown yang diterapkannya membuat kaum konservatif geram.

Para pemrotes yang membawa senjata menggelar demonstrasi di luar gedung DPR negara bagian musim panas ini, dan anggota kelompok sayap kanan ditangkap baru-baru ini karena hendak menculik gubernur.

Polling RCP: Biden unggul 7,2.

Baca juga: 3 Minggu Jelang Pilpres AS Biden Perlebar Keunggulan atas Trump Jadi 2 Digit

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com