Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usai Debat dan Terinfeksi Covid-19, Trump Makin Tercecer Jauh dari Joe Biden di Survei Pilpres AS

Kompas.com - 06/10/2020, 17:23 WIB
Ericssen,
Ardi Priyatno Utomo

Tim Redaksi

PHOENIX, KOMPAS.com – Sekitar 27 hari menjelang hari pemungutan suara, petahana Donald Trump menghadapi jalan semakin terjal kembali berkuasa untuk periode kedua sebagai Presiden Amerika Serikat.

Rekapitulasi hasil survei oleh Kompas.com dalam sepekan terakhir menunjukan Trump semakin tertinggal dari lawannya calon presiden (capres) Partai Demokrat Joe Biden.

Performa buruk debat Trump

Debat capres yang berakhir kacau pada Selasa pekan lalu berdampak negatif terhadap Trump, jika merujuk kepada survei terbaru nasional NBC News/Wall Street Journal.

Baca juga: Trump Bilang Tak Usah Takut Covid-19, Biden Bereaksi Keras

Dalam survei, presiden berusia 74 tahun itu tertinggal dua digit, tepatnya 14 poin dari Biden. Mantan Wakil Barack Obama itu memimpin 53 persen berbanding 39 persen.

Jajak pendapat yang sama sebelum debat memberikan keunggulan 51 persen berbanding 43 persen kepada Biden. Ini adalah keunggulan terbesarnya di survei ini sejak dia mencapreskan diri April 2019 lalu.

Pemilih juga memilih Biden sebagai pemenang debat dengan perbandingan 2:1, yaitu 49 persen menyatakan politisi kawakan berusia 77 tahun itu menang dan hanya 24 persen yang menyebut Trump menang. Sisanya 17 persen menjawab tidak ada yang menang.

Rataan terbaru agregasi hasil survei oleh FiveThirtyEight menunjukan Biden juga memperlebar jaraknya dengan Trump dari 6,9 poin pekan lalu menjadi 8,3 poin yaitu 51 persen berbanding 42,7 persen.

Pakar pemilu Nate Silver yang menjalankan simulasi model pilpres FiveThirtyEigth menyebut Biden memiliki peluang sangat tinggi yaitu sebesar 81 persen untuk menjadi pemenang pilpres.

Baca juga: Trump Positif Covid-19, Biden: Saya Tidak Ingin Serang Presiden

Trump terpuruk di Swing States

Sementara itu survei di sejumlah swing states juga memperlihatkan angka yang kelabu bagi presiden ke-45 "Negeri Uncle Sam" tersebut.

Di swing state krusial Pennsylvania, Biden begitu perkasa dengan selisih 7 poin menurut dua jajak pendapat.

Suami Jill Biden itu memimpin 49 persen melawan 42 persen menurut Siena College/The New York Times. CBS/YouGov memberikan angka 51 persen kepada Biden berbanding 44 persen yang diraih Trump.

Pennsylvania, di mana Biden lahir dianalisa oleh sejumlah pakar akan menjadi tipping state, atau negara bagian yang mengantarkan capres meraih electoral votes ke-270 yang diperlukan untuk memenangkan pilpres.

Baca juga: Biden Doakan Trump dan Melania Trump agar Cepat Sembuh

Tertinggal di Pennsylvania adalah kabar buruk bagi Trump. Ini memberi sinyal dia juga tidak berdaya di negara bagian Rust Belt lain yaitu Michigan dan Wisconsin.

Tiga negara bagian ini merupakan kunci utama kemenangan mengejutkan sang petahana pada pilpres 2016 melawan Hillary Clinton.

Trump juga harus bekerja keras di dua swing states lain yang memiliki jumlah pemilih minoritas Hispanik yang besar yaitu Arizona dan Florida.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com