Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komentari Debat Capres AS, Biden: Trump Aib Nasional

Kompas.com - 01/10/2020, 15:06 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Calon presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mencap performa debat Donald Trump sebagai "aib nasional".

Biden beralasan, presiden tidak membahas kekhawatiran sehari-hari orang Amerika, dan tidak menyinggung kelompok supremasi kulit putih secara jelas.

"Mungkin saya tidak boleh mengatakan ini, tetapi presiden Amerika Serikat bersikap seperti yang dia lakukan - saya rasa itu aib nasional", kata Biden dikutip dari AFP Rabu (30/9/2020).

Baca juga: Trump Vs Joe Biden, Berikut Urutan Tahapan Pilpres di AS...

Ia mengucapkannya saat singgah di Alliance, Ohio, dalam bagian tur kereta api melintasi swing states Ohio dan Pennsylvania.

Trump dan Biden terlibat adu argumen yang sengit pada Selasa (29/9/2020) di Cleveland sata berhadapan di debat capres pertama.

Keduanya saling berbalas serangan verbal, tetapi Trump sangat sering memotong pembicaraan lawannya sampai Biden menyuruhnya "tutup mulut".

Baca juga: Lawan Trump di Pilpres AS 2020, Berikut Sepak Terjang Joe Biden

Dalam debat Trump enggan mengecam dan berkata tegas terhadap kelompok supremasi kulit putih atau Proud Boys, tapi justru membicarakan kelompok milisi dengan mengatakan mereka harus "mundur dan menyingkir", dan masalah sebenarnya adalah ekstremis "paling kiri".

Di Alliance, Biden menyerang pernyataan presiden ke-45 AS tersebut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com