Lawatan Pertama ke Luar Negeri, PM Jepang Yoshihide Suga Kunjungi Vietnam

Kompas.com - 19/10/2020, 11:29 WIB
Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga Charly Triballeau/Pool Photo via AP PhotoPerdana Menteri Jepang Yoshihide Suga

TOKYO, KOMPAS.com - Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga direncanakan akan mengunjungi Vietnam pada Senin (19/10/2020).

Suga dijadwalkan akan bertemu dengan Perdana Menteri Nguyen Xuan Phuc di Hanoi sebagaimana dilansir dari BNN Bloomberg.

Dia dikabarkan akan membahas kesepakatan pertahanan yang lebih kuat dan hubungan manufaktur dengan Vietnam.

Kunjungan tersebut akan menjadi kunjungan luar negeri pertama Suga sejak menjabat menjadi Perdana Menteri Jepang pada September.

Baca juga: Pertemuan Tingkat Tinggi Pertama, PM Jepang Yoshihide Suga Akan Bertemu Menlu AS

Jepang dan Vietnam sama-sama menghadapi dilema dengan China antara sebagai mitra dagang terbesar dan sebagai musuh dalam sengketa teritorial.

Mereka juga terseret dalam pertikaian selama berbulan-bulan dalam konfrontasi antara China dengan Amerika Serikat ( AS).

Jepang berusaha untuk mencapai kesepakatan militer yang akan memungkinkannya mengekspor peralatan pertahanan ke Vietnam, termasuk pesawat patroli dan radar, untuk meningkatkan kemampuan pengawasan Vietnam.

Pekan lalu, Nikkei melaporkan bahwa Suga juga akan mengumumkan perluasan subsidi bagi perusahaan yang mendiversifikasi rantai pasokan mereka, untuk membantu bisnis mengurangi konsentrasi produksi di China.

Baca juga: Resmi, Yoshihide Suga Gantikan Shinzo Abe Jadi PM Jepang

Vietnam, mitra dagang terbesar ketujuh Jepang, kemungkinan akan menjadi salah satu penerima manfaat utama dari langkah tersebut.

Kunjungan tersebut terjadi kurang dari dua pekan setelah Jepang menjadi tuan rumah pertemuan tingkat menteri yang disebut Quad, sekelompok negara yang beranggotakan AS, India, dan Australia.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X