UMNO Tegaskan Dukungannya kepada PM Malaysia Muhyiddin Yassin

Kompas.com - 27/10/2020, 12:01 WIB
Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin AFP/MOHD RASFANPerdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Partai Organisasi Nasional Melayu Bersatu ( UMNO) kembali menyatakan dukungannya kepada Perdana Menteri (PM) Malaysia Muhyiddin Yassin.

Partai terbesar dalam koalisi Perikatan Nasional milik Muhyiddin memberikan beberapa kelonggaran bagi PM yang sebelumnya menghadapi seruan untuk mengundurkan diri.

Seruan pengunduran diri tersebut dikemukakan oleh pemimpin senior UMNO, Ahmad Puad Zarkashi, pada Senin (26/10/2020) dalam sebuah unggahan di Facebook setelah usulan pemberlakuan keadaan darurat dari Muhyiddin ditolak Raja Malaysia.

"Syukurlah, Yang Mulia Raja tak terpengaruh oleh permainan politik yang bisa menjerumuskan negara ke momen lebih sulit," ujar Ahmad Puad di Facebook.

Baca juga: Dikepung UMNO, Anwar dan Mahathir, Apakah Muhyiddin Bertahan Jadi PM Malaysia?

"Kesejahteraan masyarakat jelas yang utama. Karena itu, sudah seharusnya Muhyiddin mundur," lanjutnya.

Sementara itu, politisi oposisi seperti Wong Chen menyebut usulan yang diberikan PM Malaysia berusia 73 tahun tersebut "sangat jahat".

Karena itu, Wong berujar sudah benar Raja Malaysia Yang di-Pertuan Agong Sultan Abdullah menolaknya, dan menyerukan agar Muhyiddin meletakkan jabatan atau memecat menteri yang mengusulkannya.

Kritikus menuduh Muhyiddin menggunakan pandemi sebagai dalih untuk menangguhkan parlemen dan menghindari ujian kepemimpinannya sebagaimana dilansir dari Reuters, Selasa (27/10/2020).

Baca juga: Anwar Ibrahim: Raja Sedang Pelajari Dokumennya untuk Gulingkan PM Muhyiddin

Namun kini, UMNO, yang pada awal bulan ini mengancam akan menarik dukungan untuk Muhyiddin, menyatakan masih akan mendukung Muhyiddin.

Itu karena menurut partai tersebut sudah tiba waktunya bagi rekonsiliasi nasional antar-partai politik demi memastikan stabilitas politik dan untuk memfokuskan upaya pengelolaan pandemi.

Halaman:

Sumber REUTERS
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X