Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mencicipi Jakangkote dan Lumpia ala Restoran Legendaris di Makassar

Kompas.com - 11/01/2022, 20:11 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Berkunjung ke suatu tempat, tidak lengkap rasanya kalau belum mencicipi aneka kuliner khasnya.

Sama halnya saat berkunjung ke Makassar. Ibu kota Sulawesi Selatan ini memiliki banyak masakan dengan cita rasa khas yang bisa kamu cicipi.

Salah satunya, aneka gorengan renyahnya. Di Makassar, ada gorengan khas seperti jalangkote, lumpia rebung, dan bikang doang.

Baca juga:

Jalangkote & Lumpia Asli Lasinrang Ny.Lily Montolalu di Makassar.DOK.KOMPAS.COM/ALMA ERIN MENTARI Jalangkote & Lumpia Asli Lasinrang Ny.Lily Montolalu di Makassar.

Kompas.com berkesempatan mencicipi aneka gorengan khas Makassar di Jalangkote & Lumpia Asli Lasinrang Ny. Lily Montolalu pada Minggu (09/01/2022).

Dalam sebuah etalase makanan di depan usaha jalangkote legendaris di Makassar ini, tersaji ketiga gorengan khas Makassar. Pertama-tama, Kompas.com mencicipi jalangkote.

Baca juga:

Jalangkote yang baru saja matang di Jalangkote & Lumpia Asli Lasinrang Ny. Lily Montolalu.DOK.KOMPAS.COM/ALMA ERIN MENTARI Jalangkote yang baru saja matang di Jalangkote & Lumpia Asli Lasinrang Ny. Lily Montolalu.

Jalangkote merupakan gorengan khas Makassar yang mirip dengan pastel.

Jalangkote disajikan dengan sambal cabai cair atau disebut juga Lombok oleh warga setempat. Sambal cabai cairnya terasa asam pedas yang menambah kenikmatan sensasi makan.

Tekstur dari jalangkotenya terasa renyah dengan cita rasa kulit yang terasa gurih. Tentu saja, perpaduan cita rasa kulit yang istimewa.

Baca juga:

Saat menggigit jalangkote, mulut akan langsung terasa penuh. Itu karena di dalam robekkan kulitnya terdapat isian yang penuh dan padat.

Isian dari jalangkotenya ada bihun, potongan kentang, dan wortel. Potongan kentang dan wortelnya terasa empuk tetapi tidak lembek.

Saat menikmati isian jalangkotenya, terasa sekali bumbu kaya rempah. Tentu saja, menambah lezat sajian jalangkote.

Baca juga:

Aneka gorengan yang ada di Jalangkote & Lumpia Asli Lasinrang Ny. Lily Montolalu.DOK.KOMPAS.COM/ALMA ERIN MENTARI Aneka gorengan yang ada di Jalangkote & Lumpia Asli Lasinrang Ny. Lily Montolalu.

Beralih ke gorengan yang lainnya, di Jalangkote & Lumpia Asli Lasinrang Ny. Lily Montolalu juga menjual lumpia. Lumpia yang disajikan berisikan potongan rebung yang tebal.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com