Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Jalangkote & Lumpia Asli Lasinrang Ny. Lily Montolalu di Makassar Sejak 1985

Kompas.com - 11/01/2022, 19:03 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Jalangkote merupakan gorengen renyah tahan lama khas Makassar yang tak boleh kamu lewatkan saat berada di sana.

Gorengan renyah ini memiliki bentuk sekilas mirip dengan pastel goreng. Hanya saja, kulit jalangkote lebih tipis sehingga memberikan tekstur renyah saat digigit.

Salah satu usaha jalangkote legendaris di Makassar yang masih eksis hingga hari ini adalah Jalangkote & Lumpia Asli Lasinrang Ny.Lily Montolalu.

Ditemui oleh Kompas.com pada Minggu (9/01/2022), Lily Montolalu selaku pemilik Jalangkote & Lumpia Asli Lasinrang Ny.Lily Montolalu menceritakan kisah awal mendirikan usaha gorengan khas Makassar tersebut.

Baca juga:

Jalangkote yang sedang digoreng di Jalangkote & Lumpia Asli Lasinrang Ny. Lily Montolalu.DOK.KOMPAS.COM/ALMA ERIN MENTARI Jalangkote yang sedang digoreng di Jalangkote & Lumpia Asli Lasinrang Ny. Lily Montolalu.

Awal berdirinya Jalangkote & Lumpia Asli Lasinrang Ny.Lily Montolalu

Dalam sebuah perbincangan, Lily bercerita awal memulai usaha jalangkote dan aneka gorengan lainnya ini dari rumah.

“Awalnya itu tahun 1985, buka dari rumah. Saya sendiri yang masak dibantu anak-anak.” ceritanya kepada Kompas.com.

Buka usaha jalangkote sejak tahun 1985 dari rumah, kemudian Lily mengembangkan bisnis hingga bisa membuka kios.

“Dua tahun kemudian, tepatnya tahun 1987. Akhirnya saya buka kios di sini. Kios pertama saya ya di sini ini.” tuturnya.

Baca juga:

Aneka gorengan yang ada di Jalangkote & Lumpia Asli Lasinrang Ny. Lily Montolalu.DOK.KOMPAS.COM/ALMA ERIN MENTARI Aneka gorengan yang ada di Jalangkote & Lumpia Asli Lasinrang Ny. Lily Montolalu.

Dalam penuturannya, Lily menceritakan kalau pada saat buka kios pertama kali. Ia masih dibantu anak dan lima orang pegawai.

Tekun mengembangkan bisnis, Lily pun berhasil mempertahankan eksistensi usaha jalangkote sejak puluhan tahun lalu.

Dalam pengamatan Kompas.com, ada sekitar belasan pegawai yang saat ini aktif bekerja di outlet jalangkote asli Lasinrang yang berlokasi di Jalan Lasinrang Nomor 11A, Sawerigading, Ujung Pandang, Kota Makassar.

Bahkan hingga hari ini, Lily juga masih aktif membuat jalangkote yang dijualnya. Hal itulah yang membuat jalangkote buatannya masih terasa sama sejak puluhan tahun lalu hingga saat ini.

Baca juga:

Jalangkote yang baru saja matang di Jalangkote & Lumpia Asli Lasinrang Ny. Lily Montolalu.DOK.KOMPAS.COM/ALMA ERIN MENTARI Jalangkote yang baru saja matang di Jalangkote & Lumpia Asli Lasinrang Ny. Lily Montolalu.

Sentuhan tangan dari Lily yang membuat cita rasa kulit, isian, hingga sambal cair jalangkotenya terasa khas.

Selain jalangkote, kamu juga bisa menikmati aneka gorengan khas Makassar lainnya. Seperti lumpia, bikandoang, kroket, dan risoles.

Harga per pcs gorengannya dihargai sebesar Rp 8.000. Dengan harga tersebut, kamu bisa menikmati lezatnya menu gorengan khas Makassar dengan cita rasa tak berubah sejak puluhan tahun lalu.

Baca juga:

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com