Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejarah Getuk Eco Magelang, Oleh-oleh Legendaris sejak 1976

Kompas.com - 11/01/2022, 12:12 WIB
Lea Lyliana

Penulis

KOMPAS.com - Jalan-jalan ke Magelang kurang lengkap jika tidak membeli getuk untuk oleh-oleh. Salah satu yang bisa menjadi pilihan yaitu Getuk Eco

Getuk Eco merupakan salah satu produsen getuk tiga warna yang terkenal di Magelang. Produksi getuk eco sudah dilakukan selama puluhan tahun, tepat pada 1976. 

Pengelola usaha Getuk Eco, Andreas Purnomo membagikan sejarah Getuk Eco hingga bisa sepopuler sekarang. Berikut penuturannya.

Baca juga:

Sejarah Getuk Eco

Melalui sambungan telepon, Andreas menjelaskan bahwa usaha ini mulanya dibangun oleh ayahnya, Ridwan Purnomo pada 1976. 

Motivasi awalnya yakni untuk memperbaiki kesejahteraan keluarga yang saat itu tengah sulit. Karena memiliki kepekaan terhadap masakan, ayah Andreas lalu mencoba berjualan getuk. 

Namun karena saat itu teknologi belum secanggih sekarang pemasarannya pun masih terbatas, hanya dititipikan di warung sekitar rumah dan travel agen.

"Getuk eco ini dimulai sekitar tahun 1976 oleh ayah saya sendiri, Bapak Ridwan Purnomo.  Kalau orang tanya visinya apa, motivasinya apa ya untuk memperbaiki kesejahteraan karena waktu itu keluarga kami tidak begitu bagus secara finansial," jelas Andreas kepada Kompas.com, Rabu (05/01/2022). 

Ilustrasi getuk tiga warna dari Getuk Eco Magelang.INSTAGRAM/ Getuk Eco Ilustrasi getuk tiga warna dari Getuk Eco Magelang.

Seiring berjalanan waktu produk getuk tiga warna ini semakin dikenal masyarakat. Namun karena dianggap sebagai jajanan tradisional produknya belum diberi merek.

Untuk mempermudah konsumen menemukan produknya, ayah Andreas lantas berpikir untuk menyematkan merek. Nama yang dipilih yaitu 'eco' yang mana dalam Bahasa Jawa artinya enak. 

"Ayah saya berpikir apa yang cocok, terus coba saja nama eco, karena eco itu kan artinya enak kalau dalam Bahasa Jawa, kemudian juga mudah diingat. Terus dikasihlah nama eco itu," jelas Andreas. 

Baca juga:

Setelah terkenal dengan merek Eco, penjual getuk tiga warna ini semakin meningkat. Jika mulanya hanya dititipkan di travel agen, produk ini lalu dipasarkan juga di beberapa toko oleh-oleh. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com