Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Jenis Getuk di Magelang, Ada yang Bisa Dibawa untuk Oleh-oleh

Kompas.com - 11/01/2022, 11:08 WIB
Lea Lyliana

Penulis

KOMPAS.com - Magelang memiliki banyak kuliner khas yang menarik untuk dicoba. Salah satunya adalah getuk. 

Jenis getuk di Magelang cukup beragam, tidak hanya satu macam. Dari jenis tersebut ada pula yang bisa dibawa sebagai buah tangan. 

Baca juga:

Pengelola usaha Getuk Eco, Andreas Purnomo menyebut setidaknya ada tiga macam getuk di Magelang, yaitu getuk lindri, getuk tiga warna, dan getuk gondok. 

"Ada beberapa macam getuk di Magelang. Ada getuk lindri yang seperti di Karet itu atau orang kenalnya namanya getuk gondok atau getuk Karet, kemudian getuk yang kemasan lebih modern seperti yang saya produksi ini, getuk tiga warna," tutur Andreas kepada Kompas.com, Rabu (05/01/2022).

ilustrasi getuk magelang, salah satu jajan pasar beragam warna.SHUTTERSTOCK/Ariyani Tedjo ilustrasi getuk magelang, salah satu jajan pasar beragam warna.

1. Getuk lindri 

Salah satu jenis getuk di Magelang yang populer adalah getuk lindri. Getuk ini mirip seperti mi yang ditumpuk dan dipotong berbentuk kotak. 

Warna getuk lindri biasanya bermacam-macam, ada putih, merah muda, hijau, maupun coklat. Penyajiannya biasanya ditambahkan parutan kelapa.

Baca juga:

2. Getuk gondok

Masyarakat Magelang mengenal getuk gondok dengan sebutan getuk karet. Sebab getuk ini diproduksi di daerah Karet. Walau begitu kini pembuatanya mulai menyebar di beberapa kawasan lainnya.

Getuk gondok memiliki bentuk yang beragam. Ada yang berupa gulungan dan potongan kotak. Selain dari bentuk, warna getuk gondok juga macam-macam, seperti merah muda dan hijau.  

"Ada getuk yang di daerah Kare, itu kan juga bentuknya berbeda, warnanya juga macam-macam," kata Andreas.

Baca juga:

Untuk dapat mencicipi getuk ini kamu bisa mengunjungi Pasar Rejowinangun. Di sana terdapat penjual getuk gondok yang terkenal. 

3. Getuk tiga warna 

Ilustrasi getuk trio atau getuk tiga warna khas Magelang. SHUTTERSTOCK/Ariyani Tedjo Ilustrasi getuk trio atau getuk tiga warna khas Magelang.

Getuk tiga warna adalah jenis getuk Magelang yang bisa dibawa untuk oleh-oleh.

Andreas mengatakan bahwa bahan dasar getuk ini mirip seperti getuk lainnya. Namun getuk tiga warna ini biasanya tidak memakai kelapa. 

"Tentu saja ini berbeda dengan mungkin getuk lindri. Karena getuk lindri ada kelapanya sedangkan getuk ini ndak pakai kelapa," ujarnya. 

Di samping itu, pengemasan getuk tiga warna juga lebih modern dan kekinian. Oleh kerena itu banyak yang membawanya sebagai oleh-oleh.  

Baca juga:

Produsen getuk tiga warna di Magelang cukup banyak, ada Getuk Eco, Getuk Trio, dan Getuk Marem. Masing-masing memiliki ciri khas tersendiri. 

"Sekarang getuk yang modern ini di Magelang ada Getuk Eco, Getuk Trio, Getuk Marem, dan lain-lain," tutup Andreas. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com