Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Cara Hangatkan Getuk Vakum, Teksturnya Kembali Lembut

Kompas.com - 10/01/2022, 13:03 WIB
Lea Lyliana

Penulis

KOMPAS.com - Getuk pada dasarnya bukan makanan yang tahan lama. Masa simpannya hanya sekitar tiga hari. 

Pengelola usaha Getuk Eco, Andreas Purnomo lantas berinovasi membuat getuk vakum supaya tahan lama. Menurut Andreas, getuk vakum bisa bertahan lebih dari satu minggu. 

"Getuk itu biasanya ndak lama sih, cuma dua atau tiga hari tapi kalau vakum bisa sampai lebih dari seminggu, jadi aman untuk dikirim ke luar kota," kata Andreas, Rabu (05/01/2022). 

Baca juga:

Namun karena telah melalui proses vakum tekstur getuk menjadi keras. Walau begitu kamu bisa mengembalikan teksturnya dengan cara menghangatkannya. 

Ada tiga cara menghangkatkan getuk vakum, yakni dikukus, dipanggang di atas teflon, dan microwave. 

"Tinggal sebelum dikonsumsi kami sarankan untuk dipanaskan, bisa dikukus, bisa dimasukkan ke panggangan, bisa ditaruh di atas teflon, misalnya seperti itu," jelas Andreas.

Ilustrasi getuk trio atau getuk tiga warna khas Magelang. SHUTTERSTOCK/Ariyani Tedjo Ilustrasi getuk trio atau getuk tiga warna khas Magelang.

1. Dikukus

Salah satu cara menghangatkan getuk vakum yakni dengan mengukusnya. 

Getuk vakum yang dikukus biasanya kembali empuk dan lembut. Namun karena berbahan dasar singkong kudapan ini bisa jadi lengket dan menempel di kukusan. 

Baca juga:

 

Andreas menyebut bahwa hal tersebut tidak dapat dihindari sebab singkong mengandung pati yang bisa membuatnya sedikit lengket.

"Nah kalau dikukus itu memang jadi agak lengket memang enggak bisa dihindari, lagipula singkong itu kita lihat ada patinya," ujar Andreas.

Walau begitu kelekatannya masih dapat ditolerir sehingga kamu tetap bisa menyantap getuknya.

2. Panggang di teflon 

Selain dikukus, getuk juga bisa dipanggang menggunakan teflon. Cara ini bisa menjadi pilihan jika kamu tak ingin getuknya lengket. 

"Nah kalau saya biasanya supaya enggak lengket manasinnya biasanya ditaruh di atas teflon atau dimasukkan ke microwave atau oven yang kecil itu. Biasanya enggak lengket," jelas Andreas.

Baca juga:

 

Untuk memangangnya cukup panaskan teflon lalu oles sedikit minyak. Kemudian masukkan getuk vakum dan panggang dengan api sedang cenderung kecil. 

ilustrasi getuk magelang, salah satu jajan pasar beragam warna.SHUTTERSTOCK/Ariyani Tedjo ilustrasi getuk magelang, salah satu jajan pasar beragam warna.

Getuk yang dipanggang diteflon memiliki tekstur luar yang sedikit garing. Walau begitu teksturnya tetap lembut dan empuk.

3. Panggang di microwave 

Getuk vakum juga dihangatkan memakai microwave. Namun waktu menghangatkannya sebentar saja agar teksturnya empuk dan permukaan luarnya tidak keras. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com